SUKA DUKA YAYASAN CINTA BELA



Bantuan dari Komunitas

Kabupaten Mimika, (28/01) suaratifapapua.com,- Yayasan Cinta Bela adalah salah satu Yayasan Sosial yang mendampingi anak-anak yang mengalami gangguan otak, dan pada kesempatan ini anggota JW berhasil mewawancarai pendiri Yayasan, yaitu Ibu Elisabeth Caroline via WA. 

Elisabeth Carolina Samori, pendiri Yayasan Ibu dan Anak Cinta Bela Kabupaten Mimika, berdiri pada tanggal 3 maret 2013 memiliki akte notaris, berjalan sejak 7 tahun yang lalu, memiliki visi dan misi yaitu mempunyai rumah visioterapi agar anak-anak dapat di terapi sesuai kondisi dan kebutuhan anak-anak agar mereka mampu berdiri dan mandiri, baik memegang sendok dan memakai pakaian sendiri, menjadi Yayasan Mandiri cerebral palsy anak berkebutuhan khusus, menyuarakan hak hidup anak-anak lumpuh otak dan orang tua menerima kondisi mereka, memberikan terapi yang layak.

Yayasan Cinta Bela juga menjadi rumah singga di kabupaten Mimika, selama ini kami mendapatkan bantuan dari donatur atau orang-orang yang peduli, baik Bank, TNI Polri, Gereja, Komunitas, Karyawan PT Freeport dengan event-event setap bulan, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia dan dari istri-istri karyawan PT Freeport, dari donatur-donatur yang tidka dapat kami sebutkan satu persatu, dan ada juga satu bangunan dari pemerintah.


Bantuan Kursi Roda

Tantangan yang kami hadapi adalah anak-anak belum mendapatkan visioterapi, dan banyak orang tua memilih menyembunyikan anak dalam rumah tidak berbaur dan bersosialsiasi, bahkan tidak memberikan gizi yang sesuai karena malu, masihnada stigma diskriminasi dari orang tua terhadap anak. sehingga Yayasan memberikan pemahaman agar ada penerimaan terhadap anak-anak.

Pentingnya peran orang tua agar anak-anak menapatkan cinta yang seharusnya, dan kami tahun ini akan terus mengkampanyekan tentang anak-anak yang lumpuh otak atau cerebral palsy, agar , masyarakat dan orang tua tidak memberi stigma dan diskriminasi terhadap anak-anak.

Bantuan dari pemerintah adalah gedung yang di bangun, berharap ada lagi bantuan yang di berikan dari pemerintah kabupaten Mimika, namun masih membutuhkan bantuan lainnya,  jadi kami berdiri hingga saat ini adalah dari bantuan donatur-donatur yang tergerak hatinya untuk datang membantu, data yang kami miliki sejak 2013 yaitu 102 orang anak, namun setiap tahun ada anak-anak yang meninggal, dan saat ini ada 86 orang meski yang terjangkau hanya 36 orang anak yang di bawah Yayasan Cinta Bela. 

Masih banyak yang belum terdata, disembunyikan oleh orang tua, sedih melihat situasi yang ada, belum ada cinta untuk anak-anak lumpuh otak, bahkan belum ada penghargaan, bahwa mereka memiliki hak hidup yang sama dengan anak-anak yang lain.

Berharap kedepan akan lebih banyak bantuan tidka hanya nutrisi atau sembako tetapi juga ada kebutuhan prioritas seperti dokter dan untuk terapi. agar anak-anak mendapatkan pemeriksaan rutin dan juga bisa di terapi kedepan agar mereka dapat belajar bergerak dan belajar beraktifitas meski terbatas.



Penulis : Redaksi

Related Posts:

0 Response to " SUKA DUKA YAYASAN CINTA BELA "

Post a Comment