"Virus HIV Harus Ditekan Perkembangannya - HAS Kabupaten Keerom 2019, suaratifapapua.com


Keerom, suaratifapapua.com,-  Sabtu (30/11) lalu, Peringatan Hari AIDS Sedunia (HAS) dengan tema Bersama Masyarakat Meraih Sukses Kebupaten Keerom, tidak hanya di hadiri oleh masyarakat namun juga oleh Bupati, Wakil Bupati berserta OPD terkait, stakeholder, tokoh adat, tokoh agana, komunitas dan siswa-siswa dari berbagai sekolah.

Peringatan HAS ini juga adalah untuk bersama-sama dengan seluruh stakeholder dan masyarakat, mengevaluasi apa saja yang sudah di lakukan dalam program pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS (P2HA).

Pelibatan seluruh siswa-siswi baik dalam lomba dan dalam berjalannya acara yang dilakukam, sebagai bagian dari sosialisasi, agar HIV menjadi topik yang tidak di takuti, tetapi menjadi sesuatu yang penting untuk di bahas.

Tingginya kasus HIV di Kabupaten Keerom, harus menjadi keprihatinan bersama, apalagi keerom daerah yang berbatasan langsung dengan PNG, sehingga penanganan dan program P2HA harus benar-benar di jalankan meski dengan berbagai tantangan, karena di sadari betul bahwa ini harus menjadi tanggung jawab bersama, pemerintah dan KPA tidak dapat berjalan sendiri.

Maka, melalui wawancara yang di lakukan dengan Bupati Kabupaten Keerom, beliau menyampaikan "Untuk menekan perkembangan HIV, meskipun memang selama ini kita sudah terus menerus melakukan namun masih ada banyak masyarakat yang belum mau memeriksakan diri, harus ini terus menerus dilakukan melalui KPA, dengan sosialisasi. 

Jika persoalan berbatasan langsung dengan PNG, memang salah satu strategi yaitu pelibatan penugasan TNI dan POLRI, toga, todat dan semua stakeholder, adanya pesan-pesan HIV yang terus di berikan dan di pasang di spot-spot tertentu, salah satunya di perbatasan.

Selain pemeriksaan untuk HIV juga sekaligus untuk narkoba, dan itu akan terus dilakukan secara rutin, bersama dengan tim kesehatan, dan pada bulan depan akan ada pertemuan kerjasama dengan PNG, yang akan di bahas antara lain pertama isu perbatasan, kesehatan di dalamnya tentang HIV-AIDS, pendidikan, dan ekonomi, ini sebagai langka awal kerjasama. 

Sedangkan untuk program khusus ODHA, Kami mendirikan rumah sehat untuk ODHA, kami tempatkan di Arso, kami berikan pengobatan dan jaminan hidup mereka. Pemerintah bukan hanya fokus pada sosialisasi untuk orang tanpa HIV, namun sebenarnya ini menjadi penting, bahwa informasi penting untuk semua orang, untuk ODHA tentu tetap di berikan pendampingan di rumah singga, ketika mereka sehat bisa di kembalikan pada keluarga, dan ini memang butuh keseriusan dan kerjasama dengan semua pihak".

Dan melalui HAS ini Pemerintah berharap, tidak hanya sebatas acara biasa, tetapi ada makna penting, bukan sebatas lomba tetapi berkomitmen bersama untuk terus menerus bersama masyarakat, dan layanan kesehatan untuk menjalankan program P2HA, dan berharap ke depan lebih baik, meskipun menghadapi berbagai tantangan.



Penulis : Hiswita Pangau - Jurnalis Warga Kota Jayapura

Related Posts:

0 Response to ""Virus HIV Harus Ditekan Perkembangannya - HAS Kabupaten Keerom 2019, suaratifapapua.com"

Post a Comment