Media Butuh Peningkatan Kapasitas Terkait HIV Agar Lebih Sensitif Komunitas, suaratifapapua.com

Foto Bersama Media dan Komunitas di Kota Jayapura


Kota Jayapura, suaratifapapua.com, Program pencegahan dan penanggulangan HIV dan AIDS butuh keterlibatan semua lapiran masyarakat yang ada di Kota Jayapura, bukan lagi menjadi tanggungjawab petugas kesehatan atau Komisi Penanggulangan HIV AIDS.

Hal inilah yang didorong Organisasi Perubahan Sosial (OPSI) melalui Focal Pointnya di Kota Jayapura, yaitu dengan melibatkan beberapa media pada Selasa (26/11) Lalu. Media diharapkan agar paham tentang informasi HIV sehingga dapat menuliskan berita-berita yang lebih sensitif akan komunitas.

Jack Wally salah seorang jurnalis menuturkan bahwa di Kota Jayapura sudah ada beberapa media yang memberitakan informasi tentang HIV yang sensitif komunitas namun para awak media juga butuh direfres lagi pengetahuannya akan informasi HIV sehingga kedepannya terjadi penurunan angka kasus stigma dan diskriminasi terhadap ODHIV.

Selain menuliskan berita-berita yang sensitif akan komunitas media juga diharapkan dapat menuliskan berita-berita yang berkaitan dengan tantangan dalam pelaksanaan program  pencegahan dan penanggulangan HIV dan AIDS, sehingga masyarakat semakin banyak yang paham akan informasi tentang virus HIV.

Hiswita Pangau selaku focal point OPSI juga menuturkan bahwa dirinya juga berharap kedepan akan ada suatu kegiatan untuk teman-teman media terkait dengan kegiatan peningkatan kapasitas dan itu dilakukan secara terus menerus oleh stakeholder terkait, seperti program dari OPSI pusat maupun dari pemerintah Kota Jayapura maupun dari Komisi Penanggulangan HIV dan AIDS.


Penulis : Gerrard - Jurnalis Warga Kota Jayapura

 

Related Posts:

0 Response to "Media Butuh Peningkatan Kapasitas Terkait HIV Agar Lebih Sensitif Komunitas, suaratifapapua.com"

Post a Comment