"HAS adalah momentum untuk merefleksikan kegagalan, mengevaluasi kesenjangan, dan mensyukuri pencapaian", suaratifapapua.com

Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Keerom Saat Melakukan Sosialisasi Kepada Masyarakat Skofro


Keerom, suaratifapapua.com,- Program Pencegahan Penanggulangan HIV-AIDS sudah dilakukan secara terus menerus, baik penjangkauan, pendampingan, pemerikasaan, pengobatan dan juga berbagai kegiatan positif untuk pemberdayaan komunitas ODHIV.

Namun, tidak dapat di pungkiri, Komisi Penanggulangan AIDS tidak dapat berjalan sendiri, butuh dukungan pemerintah, dan kerjasama serta bantuan dari semua pihak dan masyarakat, agar tidak hanya menekan perkembangan penularan HIV namun juga menghilangkan stigma dan diskriminasi.
Sosialisasi secara terus menerus yang di lakukan, karena melalui informasi yang berkelanjutan, sedikit demi sedikit akan memberi pemahaman dan pengetahuan tentang HIV secara benar.

Pasca peringatan HAS yang dilakukan pada tanggal 30 di Pasar Arso 2, KPA Kabupaten Keerom bersama Ketua Pelaksana Harian, panitia HAS, TNI dan seluruh tim, berkunjung ke kampung Skofro pada Minggu (01/12) lalu, sekaligus menyerahkan bantuan kepada masyarakat yang ada disana dan memberikan sosialisasi HIV-AIDS sekaligus memberikan poster dan media KIE sebagai bagian dari kampanye HIV dan Stigma Diskriminasi, serta mengajak seluruh maysarakat dan aparat kampung untuk bekerjasama dengan pemerintah dalam program P2HA.

Menurut Yusnita Pabeno, selaku Sekertaris KPA Kabupaten Keerom, bahwa "Esensinya, Hari AIDS Sedunia (HAS) Tidak pernah menjadi sekedar ceremonial belaka. HAS adalah momentum untuk merefleksikan kegagalan, mengevaluasi kesenjangan, dan mensyukuri pencapaian. HAS adalah minyak bagi api  semangat yang meredup, oase bagi ide-ide yang gersang, dan wadah bagi semua, siapa saja yang ingin menjadi bagian dari sebuah sikap kepedulian, sikap menghargai kehidupan dengan cara, gaya, dan kreatifitas yang tanpa batas".

HAS bukan sebatas ceremonial, tetapi moment untuk bersama pemerintah dan semua yang peduli akan HIV, bersama merefleksi, dan melihat kembali, apa saja yang sudah di lakukan, tantangan bahkan kegagalan yang mungkin di hadapi, kemudian bersama mencari strategi, agar ke depan dapat bekerjasama dalam program P2HA, agar seperti tema, Bersama Masyarakat Meraih sukses.


Penulis : Hiswita Pangau - Jurnalis Warga Kota Jayapura

Related Posts:

0 Response to ""HAS adalah momentum untuk merefleksikan kegagalan, mengevaluasi kesenjangan, dan mensyukuri pencapaian", suaratifapapua.com"

Post a Comment