Hari AIDS Sedunia Menjadi Refleksi Bersama Terkait Program P2HA, suaratifapapua.com

Wakil Bupati Kabupaten Keerom Saat Memberikan Keterangan Pers


Keerom, suaratifapapua.com,- Peringatan Hari AIDS Sedunia Kebupaten Keerom dilaksanakan pada Sabtu (30/11) lalu, bertempat di Pasar Arso 2. Peringatan HAS ini di hadiri oleh ratusan masyarakat dan juga Bupati beserta wakilnya.

Peringatan HAS ini diisi dengan Mewarnai tingkat Paud, TK dan SD, dengan pesan Perdamaian kemudian ada lomba menggambar poster tingkat SMP dan SMA, dengan memasukan pesan HIV dan AIDS, dan goyang aster, dimana setiap grup tidak hanya menampilkan tarian namun juga pesan HIV yang mudah di pahami.

Melalui peringatan HAS di harapkan manjadi refleksi bersama, tentang kerja-kerja program P2HA, yang tidak di pungkiri masih membutuhkan kerja keras dan kerjasama serta bantuan dari seluruh stakeholder dan elemen masyarakat.

Tingginya stigma dan diskriminasi menjadi tantangan terbesar, sehingga melalui HAS dapat memberi kesadaran kritis kepada masyarakat, dan sosialisasi yang akan secara terus menerus di sampaikan kepada masyarakat, agar mampu mengurangi stigma dan diskriminasi.

Seperti yang di sampaikan oleh Wakil Bupati, selaku Ketua pelaksana Harian KPA, "Dengan tema Bersama Masyarakat Meraih Sukses, artinya bahwa penanggulangan HIV tidak bisa di lakukan oleh satu dua pihak, tetapi komitment bersama untuk suksesnya program three zero. Kita akan bekerjasama dengan level terendah untuk terlibat memberikan sosialisasi HIV dan AIDS secara terus menerus. 

Dan hari ini, pemerintah Keerom terus berkomitment dan ke depan kita akan melakukan konsolidasi dan sosialisasi secara intens, kami menghimbau masyarakat agar tidak takut memeriksakan diri untuk memastikan kita sehat. Kita perlu mengajak semua pihak, pemerintah dan non pemerintah untuk periksa VCT dan informasi HIV ini harus di biasakan, dan di bicarakan dengan siapa saja, jangan di anggap tabu, jangan ada diskriminasi terhadap ODHA, karena kita harus paham AIDS menyebar dengan cara spesifik. Jadi harus di pahami, ini harus terus menerus disosialisasikan, agar fenomena gunung es terpecahkan. Dari tahun ke tahun. Kita semua harus pro aktif karena HIV ini penting untuk menjadi tanggung jawab kita bersama".

Harapan Pemerintah Kabupaten Keerom, bahwa dengan adanya momentum HAS ini, adalah bagian untuk refleksi program P2HA, baik pencapaian, tantangan dan apa rencana dan strategi ke depan.



Penulis : Jilhan Kantoli - Jurnalis Warga Kota Jayapura

Related Posts:

0 Response to "Hari AIDS Sedunia Menjadi Refleksi Bersama Terkait Program P2HA, suaratifapapua.com"

Post a Comment