Pentingnya Sebuah Data Dalam Perencanaan Program P2HA

 
 
Piter Gusbager - Wakil Bupati Kabupaten Keerom
Keerom, suaratifapapua.com , Rabu (27/11), Program Pencegahan dan Penanggulan HIV dan AIDS (P2HA) hingga saat ini terus berjalan, baik sosialisasi, pendampingan dan pemberdayaan ODHA serta pengobatan. 

Kabupaten keerom merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Papua dengan  situasi HIV yang memprihatinkan maka menurut Piter Gusbager, selaku Wakil Bupati Kabupaten Keerom menyampaikan bahwa, ke depan sudah ada program-program khusus yang di rencanakan untuk P2HA. 

"Program khusus di tahun depan,yang ke akan kita lakukan, kita akan berkolaborasi dengan aparat terendah di kampung dan layanan kesehatan, kami mau ada perhatian untuk pendataan, karena data sangat penting, sebagai acuan kita dalam perencanaan program-program, sehingga harus ada yang benar-benar fokus pada pendataan, agar kita bisa menemukan dan mengobati secara menyeluruh. untuk HIV dan AIDS. Khususnya masyarakat kampung, dan jadi perhatian pada level bawah, jadi betul-betul ODHA terpantau, dan dapat di bantu dalam pengobatan. Jadi renstra ke depan pantauan terhadap ODHA berbasis kampung sehingga harus ada penanganan. Kami KPAD harus membangun basis pada level kampung. sehingga kita membangun sosialisasi terus menerus mulai di sekolah dan harus membuat gerakan relawan mengkampanyekan HIV dan AIDS dan tentang stigma dan diskriminasi, kita harus peduli kepada ODHA, memberikan peran di masyarakat, jadi sosialsiasi penting agar orang tidak takut pada ODHA, jadi kita perlu baliho, kampanye, brosur, relawan, dan kampanye secara terus menerus tidak putus kepada masyarakat, secara masif dan berkelanjutan. Melatih masyarakat dan relawan, agar dapat membantu pemerintah untuk memberikan informasi HIV, dan dari berbagai kategori, baik bapak-bapak, ibu-ibu dan pemuda, remaja.Informasi HIV dan AIDS ini harus terus menerus di sampaikan, agar masyarakat paham, dan tidak ada ketakutan, stigma dan diskriminasi, dan akan lebih baik jika lebih banyak yang melakukan pemeriksaan di layanan kesehatan".

Diharapkan ke depan, memiliki data yang akurat, sebagai bagian yang akan mendukung perencanaan dan program kerja P2HA ke depan, karena data merupakan sesuatu yang sangat penting. Program ini dapat bermanfaat, dan mampu menekan penularan serta membangun kesadaran ODHA untuk mengakses pengobatan, dan tidak ada lagi ODHA yang meninggal karena HIV dan AIDS serta Tidak ada lagi stigma dan diskriminasi terhadap ODHA




Penulis : Hiswita Pangau - Jurnalis Warga Kota Jayapura

Related Posts:

0 Response to "Pentingnya Sebuah Data Dalam Perencanaan Program P2HA"

Post a Comment