Peduli Pemuda, Inti Muda Papua Gelar Papuan Yout Festival, suaratifapapua.com

Pembukaan Kegiatan Papuan Yout Festival 2019
Kota Jayapura, suaratifapapua.com,- Kamis, (7/11) lalu acara Papuan Youth Festival yang pertama kali diadakan di Papua, tepatnya di Hotel Horizon Kotaraja. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya hak kesehatan seksual dan reproduksi (HKSR) orang muda. hak kesehatan seksual merupakan informasi penting yang harus diketahui oleh semua anak muda, mengingat tantangan anak muda pada era ini.
Pada kegiatan tersebut mengundang beberapa narasumber salah satunya Baby Rivona Nasution yang terinfeksi virus HIV  selama 17 tahun. kegiatan ini juga dihadiri ratusan peserta dan muda dari beragam latar belakang yang ada di Kota Jayapura.

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh yang selanjutnya melemahkan kemampuan tubuh melawan infeksi dan penyakit, HIV adalah penyakit kronis yang dapat dikelola oleh manusia sehingga tidak lagi menjadi penyakit atau virus yang menakutkan.

Para Narasumber Pada Kegiatan Papuan Yout Festival 2019

Baby adalah orang yang terlambat dalam mendapatkan informasi terkait narkoba dan kesehatan reproduksi sehingga perilaku-perilaku dimasa remajanya menjadi sangat beresiko. Perilaku menyuntik dari menggunakan narkoba menyebabkan Baby terinfeksi virus HIV.

Namun berkat obat ARV (antiretroviral) yang dikonsumsi setiap hari virus yang terdapat didalam tubuh jumlahnya sangat kecil sehingga sulit untuk menular kepada orang lain. Obat tersebut bisa didapatkan secara gratis di layanan kesehatan.

Yang terpenting adalah minum obat ARV secara benar dan teratur maka HIV tidak lagi perlu ditakutkan, dan apabila ada keluarga yang terinfeksi tidak perlu dikucilkan karena pasien HIV apabila berobat dan minum teratur maka akan tanpak baik-baik saja.

Baby Rivona

"Saya tidak bisa mengatakan bahwa saya menyesal, itu adalah bagian dari perjalanan, Saya mensyukuri dapat melewati perjalanan itu sehingga bisa berada disini hari ini tanpa melalui perjalanan yang cukup berat. Mungkin saya tidak akan setegar ini untuk berbicara tentang siapa diri saya dan akibat dari informasi yang tidak saya dapat membuat saya terinfeksi virus HIV sejak 17 tahun yang lalu. 

Sejak itu juga saya berusaha untuk hidup berdamai dengan diri saya sendiri tentunya. Karena saya masih ingin terus hidup dengan sehat. Jadi jalan terbaik dengan diri sendiri untuk bisa menerima keadaan." Ujar Baby Rivona Nasution.


Penulis : Ariqah Sana - Jurnalis Warga Kota Jayapura

Related Posts:

0 Response to "Peduli Pemuda, Inti Muda Papua Gelar Papuan Yout Festival, suaratifapapua.com"

Post a Comment