IAM MURDA, Aktor di balik Numbay Creative Festival (NCF)

Iam Murda saat memberikan Sambutan pada malam pembukaan NCF

Kota Jayapura, suaratifapapua.com, kamis (14/11), Numbay Creative Festival (NCF), pertama kali di lakukan di Kota Jayapura, perpaduan karya seni budaya serta kuliner sebagai bagian dari promosi kekayaan yang dimiliki, meskipun dengan waktu persiapan begitu singkat, kurang lebih satu bulan hingga terlaksananya pembukaan pada malam ini. (14/11).
Menyusun tema, "Trausah sendiri, mari kitong kolaborasi" bertempat di taman Imbi Jayapura, bertujuan untuk memfasilitasi kreatifitas dan inovasi, mmpromosikan potensi dan prodak ekonomi kreatif yang di miliki, serta mengajak semua elemen untuk bekerjasama, tidak lagi berjalan sendiri-sendiri.
 
Dan dengan adanya dukungan dan Keterlibatan semua pihak, baik dari Pemerintah, serta semua yang membantu, membuktikan satu keberhasilan, yang juga di dukung oleh antusias masyarakat yang menyaksikan. 

Mendapat apresiasi dan dukungan dari Walikota Jayapura melalui sambutannya yang dalam hal ini disampaikan oleh asisten satu Sekda Kota Jayapura, serta dari Dinas Pariwisata Kota Jayapura, yang juga sejak awal memberikan tantangan hingga terlaksananya NCF.

Dan di balik cerita sukses serta apresiasi yang di dapatkan, ada satu sosok hebat yang berperan pada proses awal hingga terlaksannya NCF, yaitu Iam Murda yang adalah Ketua JEKON terpilih periode 2019-2021. 

Iam Murda adalah pria kelahiran Makasar, namun begitu mencintai budaya dan seni Papua, bahkan telah membawa nama Papua melalui seni tari hingga internasional.

Melalui sambutannya, Iam berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan terlibat, meski dengan persiapan yang singkat, waktu hanya satu bulan, dan di tantang oleh Dinas Pariwisata, namun akhirnya di luar dari apa yang di bayangkan, lewat keberanian dan dukungan serta bantuan dari berbagai pihak, mampu membuktikan terlaksananya NCF 2019, dan berharap ini menjadi awal bukan hanya pertama namun akan terus di lakukan.

Iam juga menyampaikan bahwa, penting sekali ruang berkreasi untuk anak muda dan ingin kota jayapura punya nyawa dalam bidang seni dan kreatif. 

Selama ini seni budaya mati karena tidak punya ruang kreatifitas, dan berharap taman imbi menjadi tempat berekspresi dan berkarya, berangkulan, dan menjadikan kota jayapura sebagai kota kreatif di 2022.

Ini merupakan satu pembuktian, bahwa ini adalah bagian dari kolaborasi dan kerjasama dengan pemerintah dan komunitas. 

Penulis : Hiswita Pangau - Jurnalis Warga Kota Jayapura

Related Posts:

0 Response to "IAM MURDA, Aktor di balik Numbay Creative Festival (NCF)"

Post a Comment