USAID BERSAMA Gelar Kegiatan Lokakarya Pengembangan Kurikulum Konseling KBG, suaratifapapua.com



Kota Jayapura, suaratifapapua.com,- USAID-BERSAMA adalah lima tahun proyek yang didanai oleh USAID yang berbasis di Kota Jayapura, Papua di Indonesia Timur. Bertujuan untuk mengurangi kekerasan terhadap perempuan dengan lebih menguatkan komitmen dan kapasitas pemerintah dalam merespon para korban kekerasan dan mencegah kekerasan berbasis Gender.

Salah satu kegiatan yang kemudian di lakukan adalah, Lokakarya Pengembangan Kurikulum Kasus Kekerasan Berbasis Gender.

Lokakarya ini dilakukan selama tiga hari 3-5 Oktober di Hotel Aston Jayapura, dengan melibatkan peserta dari Papua dan Papua Barat.

Perwakilan peserta pada kegiatan ini adalah dari DP3AKB, Kanwil, RS, Dinkes, PKM, POLDA Papua, LBH, LP3AP, GKI dan MUI.

Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan kepada korban kekerasan gender, salah satuya adlaah memberikan konseling kepada korban kekerasan berbasir gender (KBG), USAID-BERSAMA bekerjasama dengan DP3AKB Provinsi Papua dan DP3A Provinsi Papua Barat memfasilitasi kegiatan lokakarya pengembangan kurikulum konseling KBG.

Dalam lokakarya ini peserta mendiskusikan komponen-komponen konseling berfokus pada korban dan berinteraksi dengan para korban KBG serta mengembangkan topik kurikulum pelatihan yang akan digunakan di kabupaten-kabupaten serta pemberi layanan.

Melalui diskusi dan masukan dari peserta yang hadir, kiranya dapat menghasilkan modul yang sesuai dengan konteks Papua.

Seperti yang di sampaikan Jackie Viemilawatu selaku fasilitator pada kegiatan tersebut, saat memberikan presentasinya bahwa, modul ini adalah sebagai pelengkap, bukan untuk mengganti modul yang mugnkin sudah ada atau sudah di miliki saat ini, dengan harapan melalui modul ini, akan mampu memberi manfaat serta dapat di impelentasikan secara baik oleh penggunanya, dalam hal ini Konselor yang akan di latih dengan modul ini.

Pada sesi diskusi, peserta di minta untuk lebih banyak berbagi pengalaman yang di alami baik dari secara individu maupun tim agar memberikan pemahaman serta oembelajran baru bagi setiap peserta dengan latar belakang berbeda-beda.

Melalui kegiatan ini, berharap dapat menghasilkan modul konseling yang  benar-benar di manfaatkan dengan baik oleh konselor KBG nantinya.


Penulis : Hiswita Pangau - Jurnalis Warga Kota Jayapura

Related Posts:

0 Response to "USAID BERSAMA Gelar Kegiatan Lokakarya Pengembangan Kurikulum Konseling KBG, suaratifapapua.com"

Post a Comment