Tongkonan Kotaraja,"Awalnya 40 KK Bersama 3 Jenazah - Posko Pengungsi Kerusuhan Wamena,suaratifapapua.com

Desty Pongsikabe Ketua IKT saatMemberikan Keterangan

Kota Jayapura, suaratifapapua.com,- Pasca kerusuhan Wamena (23/9), pengungsi dengan jumlah yang besar berdatangan dari Wamena dan bahkan sekitarnya, Tongkonan adalah salah satu posko pengungsian yang di gunakan, di koordinir langsung oleh Ikatan Keluarga Toraja, meskipun tidak hanya Suku Toraja yang berada di pengungsian ini, awalnya ada sekitar 40 KK yang datang bersamaan dengan tiga jenasah yang menjadi korban kerusuhan.

Diantarkan ke tongkonan, kemudian kami taruh disini sebelum diberangkatkan keesokkan harinya ke Toraja untuk dimakamkan oleh keluarga.

Menurut Desty Pongsikabe sebagai ketua IKT, bahwa sesuai dengan catatan di buku pendataan bahwa, pengungsi ada sekitar 1861 tertanggal 3/9, termasuk anak-anak, namun yang tinggal dan menginap sekitar 600 orang, karena ada yang hanya terdata kemudian ke keluarga atau kerabat terdekat yang ada disini, apalagi situasi tongkonan terlalu padat, dan tidak mampu menampung banyak orang, sehingga ada yang bermalam di luar, apalagi ada bayi yang masih sangat kecil.

Tadi saja baru datang lagi, datang terus jadi sangat banyak, bahkan akan terus bertambah. memang awalnya dari Wamena, namun saat di data ternyata ada dari Yahokimo, Yalimo dan Oksibil, ini pertanggal 24, pasca kerusuhan yang terjadi tanggal 23 lalu itu.

Pertama ada sekitar 40 KK bersamaan dengan jenasah yang tiba, setelah itu mulai berdatangan makin banyak, dan kami tampung.

Untuk saat ini kalau bahan makanan sudah banyak, namun kami butuh susu formula untuk anak usia 1-5 tahun, kalau pempers banyak, ibu hamil ada juga susunya, minyak angin juga kurang untuk anak-anak.

Saat ini, Harapan mereka untuk pulang ke kampung halaman, karena trauma luar biasa, melihat sendiri keluarga di bakar, tetangga di bunuh dsb. Itu menyisahkan trauma bukan hanya untuk orang tua tetapi juga anak-anak.


Penulis : Hiswita Pangau - Jurnalis Warga Kota Jayapura

Related Posts:

0 Response to "Tongkonan Kotaraja,"Awalnya 40 KK Bersama 3 Jenazah - Posko Pengungsi Kerusuhan Wamena,suaratifapapua.com"

Post a Comment