Rumah Sakit Abepura Kehabisan Reagen CD4 Sejak Februari 2019, suaratifapapua.com

Petugas VCT Rumah Sakit Umum Daerah Abepura


kota jayapura, suaratifapapua.com,- Rumah Sakit Umum Daerah Abepura sejak februari 2019 hingga kini kehabisan reagen CD4. hal tersebut dikatakan oleh dr.Nuryanti saat memberikan keterangan kepada media ini pada Sabtu (4/10) lalu.

''Kami sudah menyampaikan persoalan ini juga kepada Dinas Kesehatan, namun kami belum mendapatkan jawaban hingga kini, tetapi kami tetap memberikan pelayanan bagi ODHIV dan ODHA yang datang untuk mengakses layanan kesehatan''.ucap dr.Nuryanti.

''hal ini artinya selain kami beberapa puskesmas yang menjadi satelit dari rumah sakit Abepura mengalami hal yang sama, harapan kami kedepannya tidak terjadi seperti ini sehingga semua pelayanan yang diperlukan oleh pasien dapat terpenuhi''.

Tes CD4+ adalah tes darah untuk menentukan seberapa baik sistem kekebalan tubuh bekerja pada orang yang telah didiagnosis dengan human immunodeficiency virus (HIV). CD4+ adalah jenis sel darah putih. Sel darah putih berperan penting dalam memerangi infeksi. Sel-sel CD4+ juga disebut T-limfosit, T-sel, atau sel T-helper.

HIV menginfeksi sel CD4+. Jumlah sel CD4+ membantu menentukan apakah infeksi lain (infeksi oportunistik) dapat terjadi. Pola jumlah CD4+ dari waktu ke waktu lebih penting daripada nilai tunggal CD4+ karena nilai dapat berubah dari hari ke hari. Pola CD4+ dari waktu ke waktu menunjukkan efek dari virus pada sistem kekebalan tubuh. 

Pada orang yang terinfeksi HIV dan tidak mendapatkan pengobatan, jumlah CD4+ umumnya menurun seiring berjalannya HIV. Tingkat CD4+ rendah biasanya menunjukkan sistem kekebalan tubuh yang lemah dan berisiko lebih tinggi terkena infeksi oportunistik.

Kapan saya harus menjalani CD4?, Tes ini biasanya dilakukan dengan tes viral load ketika seseorang pertama kali didiagnosis dengan HIV sebagai bagian dari pengukuran dasar. Biasanya diulang sekitar dua sampai delapan minggu setelah pengobatan anti-HIV dimulai atau diubah. Ketika pengobatan rutin dilaksanakan, tes ini harus dilakukan setiap tiga sampai empat bulan setelahnya.


Penulis  : Gerrard - Jurnalis Warga Kota Jayapura

Related Posts:

0 Response to "Rumah Sakit Abepura Kehabisan Reagen CD4 Sejak Februari 2019, suaratifapapua.com"

Post a Comment