PKM Koya Barat-"Banyak Masyarakat Yang Belum Paham Sehingga Takut Periksa HIV", suaratifapapua.com

Suster Rining Konselor HIV Puskesmas Koya Barat


Kota Jayapura, suaratifapapua.com,- Program Pencegahan dan Penanggulangan HIV dan AIDS di Kota Jayapura tampaknya masih mengalami tantangan yang cukup besar.

Banyak masyarakat yang belum paham informasi HIV ditambah lagi dengan informasi-informasi yang salah terkait virus HIV maka menambah sulitnya untuk menangani program ini.


Obat Antiretroviral (ARV) di PKM Koya Barat


Puskesmas Koya Barat adalah salah satu layanan kesehatan yang berada didaerah pinggiran Kota Jayapura yang juga merupakan salah satu layanan yang mendukung pengobatan dan layanan kesehatan bagi orang dengan HIV (ODHIV).

Namun dipuskesmas Koya Barat sendiri mengalami tantangan terkait dengan kegiatan sosialisasi tentang HIV bahkan kegiatan mobile VCT, banyak masyarakat yang tidak mau test HIV karena takut.

" Ia dulu kami dari puskesmas melakukan kegiatan mobile VCT namun yang terjadi adalah kalau masyarakat tau kami datang untuk pemeriksaan HIV maka tidak ada yang datang, kalaupun ada cuma seberapa, jadi kadang kami sekali jalan harus lakukan pemeriksaan yang lain juga", tutur suster Rining yang juga sebagai konselor HIV di puskesmas Koya Barat.


Puskesmas Koya Barat


"Sekarang ini kami belum melakukan kegiatan mobile VCT lagi karena terbatasnya tenaga dan dana, jadi kami lebih banyak menjaring di puskesmas saja".

"Ditahun 2019 ini ODHA yang kami dampingi sekitar 6 orang dan sudar on ARV, sebenarnya lebih dari 6 tapi lain sudah pergi tidak tau kemana, sebagian lagi meninggal karena tidak patuh pengobatan dan kontrol ke layanan".

"Dan dalam kesempatan ini saya juga menghimbau kepada semua masyarakat yang ada disekitar Koya Barat untuk berani test HIV, jangan takut, kalaupun terinfeksi akan kami berikan pelayanan lebih lanjut".


Penulis : Gerrard - Jurnalis Warga Kota Jayapura

Related Posts:

0 Response to "PKM Koya Barat-"Banyak Masyarakat Yang Belum Paham Sehingga Takut Periksa HIV", suaratifapapua.com"

Post a Comment