PKBI Papua Gelar Pertemuan Evaluasi SSR-IU, suaratifapapua.com

Foto Bersama SSR dan IU PKBI Papua


Kota Jayapura, suaratifapapua.com,- PKBI Papua sebagai salah satu SSR pada Pelaksanaan program penjangkauan PSP yang saat ini telah berada di periode kuartal 3, dengan berbagai capaian, kendala dan tantangan serta cerita sukses yang berbeda-beda dari setiap daerah, khusunya region IV, yaitu Papua, Papua Barat dan Maluku.

Pencapaian tersebut tidak terlepas dari perencanaan, strategi  lapangan dan manajemen yang dibangun baik ditingkat IU maupun SSR. 

Dalam proses pelaksanaan program, telah dilakukan berbagai strategi untuk meningkatkan capaian program, seperti memperluas wilayah penjangkauan,  menambah jumlah hotspot baru untuk mendapatkan jangkauan yang baru, memperkuat jejaring kerjasama dan koordinasi dengan pihak layanan kesehatan dan pihak terkait lainnya, hingga merujuk kembali WPS yang hasil tes HIV pada semester sebelumnya negatif (non reactive).

 Berbagai kendala internal dan eksternal terkait pelaksanaa dan manajemen di tingkat IU maupun SSR sangat berpengaruh terhadap proses dan capaian, baik dari sisi program maupun keuangan.  Dukungan SSR kepada IU juga terkendala karena alokasi dana yang terbatas sehingga  pelaksanaan mentoring dan Supervisi hanya terbatas kepada IU di Kota/kabupaten terdekat dengan provinsi.

Dengan berbagai keterbatasan dan kendala yang dihadapi, maka pertemuan koordinasi dan evaluasi antara SSR dan IU merupakan kegiatan yang sangat penting dan diharapkan dapat membantu untuk membahas berbagai hal terkait proses dan pelaksanaan program penjangkauan PSP untuk Pencegahan HIV yang telah dilakukan di region 4. 

 Terkait dengan hal-hal tersebut di atas, maka SSR PKBI Papua melaksanakan Pertemuan SSR-IU Region 4, yang merupakan pertemuan awal program dan sekaligus menjadi pertemuan evaluasi dan perencanaan program hingga Desember 2018. 

Tujuan  Kegiatan dari pertemuan ini adalah untuk, sharing  perkembangan program yang telah dilaksanakan tiap IU (Capaian, kendala/tantangan, pengalaman berharga, issue terkait), Evaluasi bersama terhadap capaian semester (manajemen, tindaklanjut temuan kasus, data dan pelaporan program-keuangan), update informasi/issue terkini dari stakeholder/PR dan konsolidasi SSR-IU dan Penyusunan rencana tindak lanjut (RTL).


Penulis : Hiswita Pangau - Jurnalis Warga Kota Jayapura

Related Posts:

0 Response to "PKBI Papua Gelar Pertemuan Evaluasi SSR-IU, suaratifapapua.com"

Post a Comment