AJI Sangat Apresiasi Jurnalis Warga (JW TIFA) Kota Jayapura, suaratifapapua.com

Sekretaris AJI Kota Jayapura , Anang Budiono saat Memberikan Keretangan Pers


Kota Jayapura, suaratifapapua.com, - Kegiatan Workshop jurnalis warga Kota Jayapura pada Jumat, (25/10) lalu sangat diapresiasi oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Jayapura.

Anang Budiono selaku sekretaris AJI Kota Jayapura menuturkan bahwa dirinya sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan komunitas jurnalis warga Kota Jayapura, " Ia kami dari AJI tentunya sangat-sangat mengapresiasi semua kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan oleh JW TIFA, mulai dari perekrutan yang melibatkan masyarakat, aktifis, mahasiswa dan pelajar kemudian diberi ilmu untuk peningkatan kapasitas sebagai jurnalis itu sangat luar biasa sekali".

"Dari awal memang tujuan AJI juga mendorong gerakan jurnalisme warga, justru jurnalisme warga diwadahi oleh AJI dalam artian diberi pelatihan-pelatihan sehingga dia menjadi kompeten dibidangnya, dari rangkaian kegiatan-kegiatan yang dilakukan JW TIFA ini luarbiasa, sudah sangat mendekati jurnalis profesional, yang menjadi beda ialah jurnalis profesional dibekali juga dengan kode etik dan undang-undang yang menaunginya", dan kalau pertanyaan apakah JW bisa kearah sana ? jawabannya ia,bisa sekali".
 
"AJI mendorong bagaimana warga yang bergerak dibidang laporan jurnalis warga mari kita bergandeng tangan bahkan kalau punya kapasitas, kami akan rekrut jadi anggota".

"Lalu bisakah jurnalis warga meliput seperti jurnalis profesional ? tentu jawabannya bisa, AJI menjawab bisa, apalagi dengan kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan seperti JW TIFA ini, yang membedakan ialah wartawan-wartawan yang berada dilapangan itu teruji kompetensinya, dan mereka diuji kemampuannya melalui beberapa tahap".

"Untuk kartu pers atau identitas untuk setiap orang yang meliput berita tidak masalah kalau JW TIFA terbitkan yang penting dilengkapi dokumen-dokumen dan juga pedoman media siber, badan hukum dan perangkat lainnya maka tidak ada masalah, silahkan bekerja".

"Saya sangat apresiasi juga karena ini jurnalisme warga yang diwadahi seperti JW TIFA, sehingga saya sangat yakin anggota JW TIFA tidak membagikan atau membuat berita-berita yang tidak berbobot".



Penulis : Gerrard - Jurnalis Warga Kota Jayapura

 

Related Posts:

0 Response to "AJI Sangat Apresiasi Jurnalis Warga (JW TIFA) Kota Jayapura, suaratifapapua.com"

Post a Comment