OPSI Rekrut Staf Paralegal Di Kota Jayapura, suaratifapapua.com

Desi Manggaprow Saat Memberikan Keterangan Pers

Kota Jayapura, suaratifapapua.com,- Organisasi perubahan sosial (OPSI) Nasional, pada bulan September ini telah merekrut satu orang  paralegal di kota Jayapura, yang kemudian magang di kantor LBH Papua, untuk belajar tentang HAM, dan diharapkan nantinya dapat membantu sesama Komunitas dalam persoalan hukum, serta mensosialisasikan tentang hukum kepada komunitas.

Desi Manggaprow adalah Paralegal yang saat ini magang di LBH Papua, yang juga berlatar belakang Komunitas, dan saat ini juga sebagai salah satu yang mengkoordinir komunitas Papeda.

Meski baru magang di LBH Papua, namun ada banyak hal yang telah di pelajari, apalagi rekan-rekan dan Pimpinan LBH Papua sangat mendukung akan kehadiran Paralegal secara khusus yang di tempatkan di LBH Papua, meski memang sebelum menjadi Paralegal OPSI, Dessy pernah menjadi salah satu peserta yang di latih oleh LBH Papua tentang Hak Asasi Manusia (HAM).

Seperti yang Dessy sampaikan bahwa, khususnya komunitas Pekerja Seks Perempuan, dengan pendidikan yang kurang, sering sekali mengalami kekerasan, namun tidak berani untuk melaporkan karena tidak paham tentang HAM.

Pekerja Seks Perempuan (PSP) yang selama ini rentan mengalami kekerasan baik itu seksusal ataupun fisik, tapi tidak berani untuk melapor, juga malu untuk berhadapan dengan hukum, hanya karena merasa diri tidak pantas.

Dengan adanya Paralegal OPSI ini Dessy sangat ingin membantu dan mendampingi teman2 yg mengalami kekerasan untuk mengakses bantuan hukum, dan berharap kedepan melalui sosialisasi, dan kerjasama dengan LBH Papua, teman-teman komunitas lebih paham dan berani, karena meskipun kita dari kelompok atau komunitas yang marjinal namun kita memiliki hak yang sama untuk mengakses berbagai hal termasuk bantuan Hukum.


Penulis : Jilhan Kantoli - Jurnalis Warga Kota Jayapura

Related Posts:

0 Response to "OPSI Rekrut Staf Paralegal Di Kota Jayapura, suaratifapapua.com"

Post a Comment