"Mahasiswa Papua Merupakan Aset, Mari Kita Pikirkan Bersama Nasib Mereka", suaratifapapua.com


Kapolda Papua Saat Memberikan Sambutan Pada Rapat Koordinasi dan Konsolidasi, 13/9


Kota Jayapura, suaratifapapua.com,- Pada Rapat Koordinasi dan Konsolidasi antara Forkopimda Prov Papua dengan Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan, dan Mahasiswa Dalam Rangka Menyikapi Rencana Eksodus Mahasiswa Papua, Kapolda Papua Irjen. Pol. Drs. Rudolf Alberth Rodja memberikan pernyataan terkait kepulangan mahasiswa yang begitu banyak dari tempat perkuliahan.

Menjadi penting untuk di pikirkan bersama-sama, apalagi ini menyangkut studi ke depan, dan tidak mudah untuk pindah disini. Mahasiswa merupakan aset, meskipun tidak semua yang kembali berstatus mahasiswa. Namun penting sekali untuk berfikir, dan memberikan pemahaman kepada mereka.

Pentingnya posko Pemda masing-masing kabupaten, untuk melalukan pendataan mahasiswa yang datang, dan yang akan tetap atau kembali agar memiliki data yang jelas. Kejadian yang terjadi 15 Agustus sudah ada proses hukum, dan yang paling penting adalah masa depan adik-adik yang berkuliah.

Hari ini seharusnya adalah pertemuan dengan mereka, namun tidak hadir, dab kami dari pihak keamanan melalui bapak Kapolri sudah memerintahkan kepada semua Kapolda untuk menjamin semua mahasiswa, entah yang di kos maupun di asrama dimana semua mahasiswa Papua berkuliah, di daerah mana saja seluruh Indonesia.

Jika ini tidak di selesaikan secara cepat takutnya menimbulkan masalah baru, sebagian sudah ada yang pulang ke kabupaten masing-masing, seperti dari kabupaten  asmat, ada sekitar 30 orang memutuskan untuk kembali.

Kita harus menginventarisir, karena akan ada ujian, makin lama tidak kuliah Universitas punya aturan sendiri, jangan sampe malah jadi korban, orang tua sudah keluarkan anggaran dan bagaimana jika tidak bisa kuliah lagi, itu menjadi korban sendiri.

Kita harus berfikir jernih, untuk masa depan mereka, mencari solusi bersama, dengan pikiran dan tindakan yang positif. Sekali lagi Bapak Kapolri sudah menyampaikan jaminan keamanan, jadi saya berharap ada solusi bersama.



Penulis : Hiswita Pangau - Jurnalis Warga Kota Jayapura

Related Posts:

0 Response to ""Mahasiswa Papua Merupakan Aset, Mari Kita Pikirkan Bersama Nasib Mereka", suaratifapapua.com"

Post a Comment