"Potensi Wisata Papua Sangat Menjanjikan Dimata Dunia, Namun Perlu Dikemas Lagi", suaratifapapua.com

Diskusi antara Kadispar Provinsi, Kadispar Kabupaten Jayapura dan Pengurus Genpi Papua (Foto : Gerrard)

Kota Jayapura, suaratifapapua.com,- Bila dikaitkan dengan pembangunan perekonomian dengan suatu pertumbuhan yang berimbang, pariwisata dapat diharapkan memegang peranan yang menentukan dan dapat dijadikan sebagai katalisator untuk mengembangkan pembangunan sektor-sektor lainnya, karena tidak hanya perusahaan-perusahaan yang dapat menyediakan penginapan (hotel), makanan dan minuman (bar dan restaurant), perencanaan perjalanan (tour operator), pramuwisata (tourist guide), tetapi pariwisata juga memerlukan pula prasarana ekonomi seperti jalan-jalan, jembatan, terminal, lapangan udara, fasilitas olah raga, kantor pos dan telekomunikasi, bank, money changer.

Hal ini juga menjadi salah satu yang mendorong pemerintah provinsi Papua berpikir dengan keras untuk memajukan perkembangan dunia pariwisata di Papua. hal ini telah dibuktikan dengan melakukan kegiatan survei dan penyusunan data analisa pasar pariwisata di Kabupaten Asmat dan Kota Jayapura yang sudah dilakukan oleh Dinas Pariwisata Propinsi Papua. 

Suasana diskusi pada pertemuan FGD (Foto : Gerrard)

Jerry Aronggear selaku narasumber pada jumat (02/08) lalu pada kegiatan FGD survei dan penyusunan data analisa pasar pariwisata di Kabupaten Asmat dan Kota Jayapura menuturkan bahwa telah melakukan penelitian pangsa pasar di Kota Jayapura dan yang diteliti adalah tamu-tamu orang asing yang datang ke perbatasan RI - PNG.

" Ia kita telah melakukan penelitian pangsa pasar di Kota Jayapura dan yang diteliti adalah tamu-tamu orang asing yang datang ke perbatasan RI - PNG, bukan yang dari batas ke indonesia, kami sudah batasi dimetode penelitian".

"pengeluaran turis atau spending of money adalah atraksi wisata yang dibuat oleh orang indonesia diperbatasan, kuliner makanan lokal, foto booth, tempat selfi itu yang kami maksudkan".

"terkait kegiatan FGD pangsa pasar pariwisata di Kota Jayapura, dan setelah diteliti pasarnya sangat jelas bahwa ada tamu lokal dan domestik, tamu lokal adalah warga masyarakat lokal dan kemudian tamu domestik seperti tamu dari makasar, jakarta dan kota-kota lainnya yang datang ke objek atau destinasi wisata yang ada di Kota Jayapura".


"nah, sekarang yang menjadi pertanyaan untuk potensi wisata di Kota Jayapurakan sebenarnya sudah cukup bagus, memang masih mentah belum dikemas dengan baik tapi paling tidak potensinya sangat menjanjikan".

"dimana bisa kita jual untuk kemancanegara, nah untuk manca negara ini yang hinnga kini belum dilirik oleh teman-teman di Dinas Pariwisata kota maupun propinsi", maka dari hasil kajian ini kita langsung membuat FGD untuk melihat hal-hal apa yang menjadi tantangan sehingga akses dari sout pasifik itu tidak dapat masuk ke Papua".

"kita sudah diskusikan bersama berbagai aspek seperti perkembangan transportasi, akses, jarak dan kalau kita lihat untuk penerbangan kendala-kendalanya seperti apa", kita sudah kaji tentunya juga dengan melihat kebijakan-kebijakan pemerintah, dan ternyata kebijakan pemerintah indonesia, Pak Jokowi  sudah sangat mendukung sekali".

"tahun lalu presiden kita pada saat meresmikan monumen kapsul waktu juga sempat menyampaikan langsung kepada gubernur untuk membuka akses kepada sout pasifik".

"sekarang apa yang harus dilakukan, gubernur sudah cukup bicara terus kita tunggu dari pusat, sehingga kita perlu mendukung gubernur melalui kajian-kajian ini sehingga kedepannya pemerintah pusat semakin cepat bergerak".



Penulis : Gerrard - Jurnalis Warga Kota Jayapura

Related Posts:

0 Response to ""Potensi Wisata Papua Sangat Menjanjikan Dimata Dunia, Namun Perlu Dikemas Lagi", suaratifapapua.com"

Post a Comment