Pertemuan Evaluasi dan Pengembangan Kapasitas Program Penjangkauan PSP Region 3 dan 4, suaratifapapua.com




Bali, suaratifapapua.com, -Pertemuan Evaluasi Program Penjangkauan dan Perencanaan Program PSP Region dilaksanakan pada 30 Juli 2019 hingga 2 Agustus yang bertempat di Fontana Hotel - Bali, lalu.

Program pencegahan dan Penanggulangan HIV - AIDS Kementrian kesehatan Republik Indonesia dengan pendanaan dari The Global Fund dimana salah satu sub-kegiatannya pada komunitas Pekerja Seks Perempuan (PSP). 

Melalui skema pendanaan New Funding Model Continue (NFMc) untuk pweiode tahun 2018 - 2020 yang merupakan kelanjutan dari New Funding Model (NFM) periode 2016-2017, dengan menitikberatkan kegiatan panjangkauan, rujukan tes HIV, dan terapi ARV pada PPS yang di ketahui status Hiv(+) nya.

Program penjangkauan PSP dilaksanakan di bawah Primary Recipient (PR) Kemenkes, dengan koordinasi erat antara UNFPA Indonesia sebagai Sub-Recipients (SR), dan organisasi komunitas PSP, serta bekerja bersama sebagai satu tim dengan para Sub-Sub-Recipients (SSR) dan Implementing Unit (Iu). UNFPA Indonesia memiliki kesepakatan dengan Kementrian Kesehatan (Kemenkes) mendukung implementasi Program PSP sebagai bagian dari strategi rencana mitigasi untuk Indonesia AIDS Coalition (IAC), dan juga memberikan asistensi teknik kepada IAC untuk manajemen dana hibah dan manajemen program PSP.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, pengaturan tata laksana keuangan menjadi salah satu bagian penting dalam pelaksanaan program penjangkauan PSP, Hal ini untuk memastikan akuntabilitas dan kepatuhan pada aturan dan peraturan yang berlaku. Hal ini dipahami menjadi terkendala karena adanya lapisan-lapisan pelaporan yang harus di lakukan dari tingkat Implementing Unit, SSR hingga ke UNFPA dan Kementrian Kesehatan sebagai bagian dari tata kelola pendanaan.

Untuk meningkatkan pengaturan tata laksana keuangan maka di perlukan pembekalan kepada pelaksanaa keuangan, khususnya di tingkat SSR dan Iu, dimana hal ini belum pernah di lakukan.

Tujuan :
  1. Menganalisa kinerja staf keuangan pada tahun 2019
  2. Menganalisa serapan anggaran pada Januari-Juni 2019
  3. Mencari pembelajaran-pembelajaran selama implementasi program di 2019
  4. Peningkatan kapasitas staff keuangan SSR dan IU untuk dasar-dasar keuangan
  5. Perencanaan keuangan di tahun 2019

Hasil yang di harapkan :
  1. Adanya pembelajaran pengelolaan keuangan pada periode Kanuari - Juni 2019
  2. Laporan analisa serapan anggaran januari - juni 2019
  3. Adanya identifikasi masalah dan rekomendasi solusi untuk perbaikan inplementasi program.
  4. Adanya peningkatan kapasitas staf keuangan terkait tata kelola keuangan dan pelaporan keuangan.
  5. Adanya rencana tindak lanjut keuangan di tahun 2019.

Bentuk kegiatan.
Pertemuan staff keuangan Penjangkauan dan Perencanaan Program PSP Region III dan Region IV menggunakan metode :
  1. Presentasi
  2. Diskusi
  3. Team Building


Penulis : Jilhan Kantoli - Jurnalis Warga Kota Jayapura

Related Posts:

0 Response to "Pertemuan Evaluasi dan Pengembangan Kapasitas Program Penjangkauan PSP Region 3 dan 4, suaratifapapua.com"

Post a Comment