Pentingnya Peran Tokoh Adat dan Agama Terhadap Program Pencegahan dan Penanggulangan HIV & AIDS, suaratifapapua.com

Tokoh Adat, Agama, Focal Point OPSI dan ACS-IAC  Kota Jayapura Saat Foto Bersama Wakil Wali Kota Jayapura


Kota Jayapura, suaratifapapua.com,- Peran Stakeholder dalam program pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS sangat di butuhkan, khusunya tokoh agama dan tokoh adat, agar bersama-sama dengan pemerintah, LSM serta organisasi-organisasi yang bergerak untuk isu HIV, serta komunitas-komunitas yang ada di Kota Jayapura.

Organisasi Perubahan Sosial Indonesia (OPSI) dalam kesempatan ini bersama KPA Kota Jayapura melakukan pertemuan bersama yang berlangsung di ruang rapat wakil walikota pada Selasa (20/8) kemarin. 

Diskusi Bersama Untuk Program Pencegahan dan Penanggulangan HIV dan AIDS di Kota Jayapura
Kegiatan ini di hadiri oleh Bapak Rustan Saru selaku Ketua KPA Kota Jayapura yang juga sekaligus membuka kegiatan, dalam sambutannya sekaligus meminta respon dan komitmen dari setiap peserta yang hadir untuk aksi berani periksa yang sedang di jalankan oleh Pemerintah Kota Jayapura.

Di hadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, Sekertaris KPA Kota Jayapura, Kementrian Agama, Ketua FKUB Kota Jayapura dan seluruh Ketua dan perwakilan dari Organisasi Keagamaan di Kota Jayapura dan Perwakilan dari Lembaga Masyarakat Adat Port Numbay.

Pertemuan ini membahas tentang pentingnya informasi kepada masyarakat sebagai bagian dari penurunan stigma dan diskriminasi bagi komunitas serta peran Tokoh adat dan Tokoh Agama dalam mensosialisasikan informasi, yang di harapkan dapat terus menerus di sampaikan pada saat khotbah, atau pertemuan keagamaan dan juga di kalangan masyarakat.

Tingginya stigma dan diskriminasi bagi komunitas, di harapkan menjadi perhatian bersama, dan gerakan bersama, agar ke depan tidak ada lagi stigma dan diskriminasi sebagai bagian dari fast track.

Pada pertemuan ini juga sekaligus mengevaluasi apa saja yang sudah di lakukan oleh stakeholder pasca komitmen bersama yang di buat keterlibatannya dalam program P2HA dan rencana bersama yang akan di lakukan ke depan yaitu melakukan aksi berani periksa yang di kordinir oleh setiap organisasi keagamaan dan sampai ke kampung2 yang ada di Kota Jayapura bersama LMA.

Harapan dari kegiatan ini adalah, adanya gerakan dan aksi bersama dalam program P2HA dan keterlibatan dari semua pihak dan masyarakat.


Penulis : Hiswita Pangau - Jurnalis Warga Kota Jayapura

Related Posts:

0 Response to "Pentingnya Peran Tokoh Adat dan Agama Terhadap Program Pencegahan dan Penanggulangan HIV & AIDS, suaratifapapua.com"

Post a Comment