FGD Survey dan Penyusunan Data Analisa Pasar Pariwisata di Kabupaten Asmat dan Kota Jayapura, suaratifapapua.com




Kota Jayapura, suaratifapapua.com,- Pembangunan ekonomi daerah pada hakekatnya adalah serangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah bersama-sama dengan masyarakatnya dalam mengelola dan memanfaatkan sumber daya yang ada secara optimal untuk merangsang perkembangan ekonomi daerah dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat di daerah. Dalam konteks pembangunan daerah yang dapat dikembangkan salah satunya melalui sektor pariwisata. 

Indonesia menempatkan bidang pariwisata sebagai prioritas untuk pembangunan khususnya di daerah yang memiliki potensi wisata, hal ini memungkinkan dengan melihat keadaan geografis Indonesia yang terdiri dari banyak pulau, lautan yang luas dan disertai keadaan alam yang kaya raya dengan hasil tambang, hutan serta pemandangan alam yang indah, latar belakang kehidupan.

Yoseph I.S Matutina selaku kepala Dinas Pariwisata Propinsi Papua menyampaikan bahwa hal inilah yang melatar belakangi Dinas Pariwisata Propinsi Papua sudah melakukan survei analisa pasar pariwisata yang ada di Papua khususnya di Kabupaten Asmat dan Kota Jayapura ditahun 2019.  sehingga pada hari ini kami melakukan kegitan Fokus Group Diskusi dengan mengundang bebepara pihak terkait. ucap Kadis pada Jumat (02/8) lalu.

Kepala Dinas Pariwisata Propinsi Papua
"Ia kita tau bahwa analisa pasar itu berarti kita bicara soal peluang pasar dalam hal ini yang dimaksud pasar wisata, kita harus tau keadaan pasar itu seperti apa sehingga kita bisa memasarkan produk-produk pariwisata itu dipasar kepada masyarakat yang mencari sesuatu dikegiatan berwisata itu".

"Kedepan ini apalagi negara-negara dikepulauan dipasifik mereka sudah membuka pariwisata lebih duluan, sehingga kita harapkan pariwisata di Papua juga bisa berkembang sehingga apabila kita berbicara soal pasar maka suatu saat nanti diharapkan pasifik ini termaksud kita di Papua ini juga menjadi pasar wisata atau destinasi dari pada para pencari destinasi wisata selain yang sudah ada dibelahan dunia lain".

"Seperti yang disampaikan narasumber bahwa sekarang ini negara-negara yang ada dikepulauan pasifik dan kita di Papua dengan kegiatan yang diselenggarakan di Newzelan ternyata negara-negara pasifik Australia, Newzelan dan kita di Propinsi Papua, Propinsi NTT dan Propinsi Maluku adalah satu kawasan besar yang secara kebudayaan itu dikatakan bahwa masih dalam rumpun melanesia, sehingga mungkin kedepan dengan keseriusan dari pada masing-masing negara kemudian kita dari indonesia timur juga serius sehingga kedepan itu bisa tercipta suatu kawasan ekonomi dikawasan pasifik ini".

"Sehingga untuk mendukung hal yang lebih besar tersebut maka pariwisata yang merupakan bagian daripada pengembangan ekonomi itu kita harus siap, makanya saat ini kita lanjut lagi dengan kegiatan FGD khusus untuk yang sudah dilaksanakan di Kabupaten Asmat dan Kota Jayapura, dan diwaktu yang lain kita akan bergilir lagi kepada kabupaten-kabupaten lain yang mempunyai potensi wisata".

"kami harapkan untuk masyarakat tetap membangun pariwisata kita dengan mengedepankan berkolaborasi yaitu antara masyarakat, pihak swasta dan pemerintah. kita bisa mencontoh seperti yang dilakukan oleh Genpi bersama masyarakat untuk membangun Tanjung Ci'Beeri, kita tau bahwa pembangunan tempat wisata tersebut dikerjakan secara pastisipatoris, semua dari masyarakat, itu yang kita harapkan sehingga kedepannya membangun sesuatu semua harus dari pemerintah".


Penulis : Gerrard - Jurnalis Warga Kota Jayapura

Related Posts:

0 Response to "FGD Survey dan Penyusunan Data Analisa Pasar Pariwisata di Kabupaten Asmat dan Kota Jayapura, suaratifapapua.com"

Post a Comment