275 Kasus, KPA Kab.KEEROM Ajak Masyarakat Semua ikut Terlibat Aktif, suaratifapapua.com

Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Keerom Sedang Memberikan Keterangan Kepada Masyarakat Arso Kota

Keerom, suaratifapapua.com,- Momentum perayaan HUT RI ke-74 digunakan sebaik-baiknya oleh Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Keerom pada Sabtu (17/8) Lalu. Hal ini dilakukan mengingat angka kasus penduduk Keerom yang terinfeksi virus HIV sudah mencapai 275 kasus / 30 Juni 2019, pada data kasus yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Propinsi Papua.

Kabupaten Keerom yang memiliki luas wilayah 9.365Km terdiri dari 11 Distrik, 91 kampung dan pada sisi bagian timur berbatasan langsung dengan negara tetangga yaitu PNG. Selain permasalahan HIV dan AIDS Kabupaten Keerom juga memiliki tantangan lainnya yaitu seperti : Malaria, Miras dan Narkoba.

Antusias Masyarakat Arso Kota Saat Nonton Film Yang di Putar KPA Kabupaten Keerom

59.406 jiwa penduduk Kabupaten Keerom, sedangkan penduduk asli hanya 9.083 jiwa hal inilah yang menjadi pekerjaan rumah yang cukup berat dipikul oleh Komisi Penanggulangan AIDS dalam Program Pencegahan dan Penanggulangan HIV dan AIDS.

Pemutaran Film dan Pembagian Media oleh KPA.Kab.Keerom - Nampak Warga Sedang Membaca Poster yang dibagikan
Yustina Pabeno selaku sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Keerom menjelaskan bahwa kegiatan yang dilakukan ini ialah sudah merupakan agenda dari KPA Kabupaten Keerom, " Ia kegiatan ini ialah selain untuk memeriahkan perayaan HUT RI tapi juga merupakan upaya kami untuk meredam perkembangan penularan virus HIV di Kabupaten Keerom".

"Selain itu dari hasil pemetaan kasus didapatkan bahwa distrik Arso khususnya menjadi salah satu Kampung penyumbang kasus HIV, sehingga kami merasa perlu untuk masyarakat selalu terpapar dengan informasi HIV".

Selain Nonton Masyarakat Juga Mendapat Media Informasi Tentang HIV dan IMS

"Untuk bisa membuat masyarakat bisa terpapar yang masih relevan saat ini ialah dengan cara pemutaran film, cuma kalau kami cuma membuat pemutaran film dengan moment HUT saat ini, sangat disayangkan sehingga kami menambahkan dengan kegiatan lain".

"mulai sore kami mulai dengan lomba-lomba untuk memeriahkan HUT RI ke-74 dan malamnya kami lanjutkan dengan pemutaran film, film tentang pendidikan, tentang HIV dan kehidupan sosial yang dapat membawa pesan kepada masyarakat".

Anak-anak menikmati pemutaran film edukasi yang diputar KPA.Kab.Keerom

"harapan kami dari Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Keerom ialah semoga kedepan ada fedbeck dari masyarakat kampung, dan kegiatan-kegiatan ini selanjutnya menjadi kebutuhan dari kampung, selanjutnya kami harapkan juga masuk dalam agenda kegiatan kampung seperti yang dinyatakan oleh kepala kampung Arso Kota".

"kami juga berharap kepada kepala-kepala kampung yang lainnya serta kepada semua stakeholder, bahwa program pencehan dan penanggulangan HIV dan AIDS di Kabupaten Keerom menjadi tanggung jawab kita semua, sehingga mari kita semua bergandeng tangan dan sama-sama mari kita bekerja".


Penulis : Gerrard - Jurnalis Warga Kota Jayapura

Related Posts:

0 Response to "275 Kasus, KPA Kab.KEEROM Ajak Masyarakat Semua ikut Terlibat Aktif, suaratifapapua.com"

Post a Comment