Pelatihan Penguatan Kapasitas Pecegahan dan Penanggulangan HIV dan AIDS kepada Kader Posyandu se-Kabupaten Keerom. suaratifapua.com



KEEROM, suaratifapapua.com,- Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Keerom selama tiga hari yaitu pada tanggal 27 sampai 29 juni, memberikan pelatihan penguatan kapasitas bagi kader posyansu se-Kabupaten Keerom yang dilaksanakan di Diklat Provinsi Papua, dihadiri oleh 35 orang peserta dari posyandu yang berbeda-beda dari 9 Puskesmas yang ada di Keerom.

Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu bagian dari komitmen untuk mendukung program three zero. Kegiatan ini di buka secara langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Keerom mewakili Bapak Bupati yang pada saat itu berhalangan hadir. Diharapkan melalui pelatihan ini pengetahuan serta keterampilan seluruh kader dappat meningkat dan meskipun kader tidak di gaji namun akan menjadi bagian yang bergerak di masyarakat untuk membantu program Pencegahan dan Penanggulangan HIV dan AIDS (P2HA) di Kabupaten Keerom. 
 
Sekretaris KPA Kabupaten Keerom saat memberikan materi
 
Pada kesempatan yang sama pula, dalam sambutannya Ibu Yusnita Pabeno sebagai Sekertaris KPA Kabupatan Keerom menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah, untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan HIV dan AIDS, meningkatkan keterampilan kader dalam menjangkau dan mendampingi ODHA, memberikan keterampilan dalam berkomunikasi serta keterampilan dalam mensosialisasikan HIV-AIDS di lingkungan sekitar. Meski memang disadari bahwa kader adalah kelompok yang tidak mendapat gaji, jika ada mungkin berupa transport yang tidak banyak, namun hati dan ketulusan untuk melayani masyarakat menjadi pegangan dan dasar dalam membantu pemerintah dalam menjalankan program P2HA.
 
Fasilitator saat memberikan materi kepada kader posyandu
 
Melalui kegiatan ini, diharapkan setelah kembali semua kader yang terlatih dapat merealisasikan semua informasi serta materi-materi yang di berikan di tempat mereka bertugas atau posyandu masing-masing tidak hanya bgai ibu hamil namun juga masyarakat. 
 
penulis : Hiswita Pangau - Jurnalis Warga Kota Jayapura

Related Posts:

0 Response to "Pelatihan Penguatan Kapasitas Pecegahan dan Penanggulangan HIV dan AIDS kepada Kader Posyandu se-Kabupaten Keerom. suaratifapua.com"

Post a Comment