"Pelatihan Badan Pelayanan Kekerasan Terhadap Perempuan Oleh Komnas Perempuan", suaratifapapua.com



Kota Jayapura, suaratifapapua.com,--  Komnas Perempuan menyelenggarakan workshop yang bertempat di hotel @Hom,Tanah Hitam, Abepura, Papua. Pada 16 hingga 17 juli 2019 lalu, Kegiatan ini bertujuan untuk mengungkap, memantau, mempublikasikan peristiwa kekerasan terhadap perempuan(KTP) sebagai pelanggaran HAM di Indonesia terutama Papua, karena selama 3 tahun ini data KTP di Papua tidak tercatat pada CATAHU serta pemenuhan tanggung jawab negara dalam peristiwa KTP terhadap perempuan tersebut. 

Workshop ini diikuti oleh 32 peserta yang berasal dari berbagai lembaga yakni : LBH APIK Jayapura, YHI Papua, LBH Papua,LBH Cenderawasih, LKBH FH Uncen, ELSHAM Papua, KPKC Klasis Jayapura, P3W GKI,Pokja Perempuan DAP,Organisasi Perempuan Nambluong,PKBI Papua, Pusat Studi Gender dan Anak Uncen,Aliansi Demokrasi untuk Papua, Forum Jurnalis Warga Kota (JW TIFA), Asmira, FORHATI Papua, Mira Wenda, JPBA, Pdt. Rocky Thaime, Pokja Imea Onomi,Susana Sangrabano Kekri, Ki de Nanemtap, Natalia Tafor Keerom, Fientje J, Tiki’ Jaringan HAM Perempuan Papua, Lucia Erni Gewies, FO USAID BERSAMA
Selfiana Sanggenafa, Lawyer,Dominggas Nari, aktifis perempuan
Mergina Wagom, Tiki’ Jaringan HAM Perempuan Papua
LP3A-Papua.


Pada hari terakhir Komnas Perempuan dan para peserta workshop membuat suatu kesepakatan dimana TIKI sebagai fasilitator pengumpulan data KTP di Papua.

Kegiatan ini di apresiasi oleh peserta yang hadir salah satunya adalah Ibu.Min selaku perwakilan komunitas perempuan biak (binsyowin)ia berkata " kegiatan ini penting apa lagi kami dilatih untuk membuat format laporan, jadi lebih detail kita sudah tidak bisa ikut hati nurani korban lagi karena kalau kita ikut apa yang korban sampaikan berarti kita sudah memberi peluang kepada korban selanjutnya, "jadi kita harus eksis dengan format yang sudah memudahkan kita dan menjadi kekuatan yang kemudian akan ada kebijakan yang mempengaruhi keberpihakan pada perempuan agar negara yang dapat mengetahui jumlah pelanggaran KTP. 

Terima kasih kepada Komnas perempuan yang sudah memberikan pelatihan selama 2 hari sehingga tidak ada lagi data yang tersembunyi."

Penulis : Vini - Jurnalis Warga Kota Jayapura

Related Posts:

0 Response to ""Pelatihan Badan Pelayanan Kekerasan Terhadap Perempuan Oleh Komnas Perempuan", suaratifapapua.com"

Post a Comment