Organisasi Perubahan Sosial Indonesia (OPSI) Gelar Pelatihan HAM Dasar bagi Paralegal, suaratifapapua.com


Kota Jayapura, suaratifapapua.com,-- Organisasi Perubahan Sosial Indonesia (OPSI) menyelenggarakan pelatihan HAM Dasar bagi komunitas selama tiga hari 15-17 juli, bertempat di Hotel Horizon Kotaraja Jayapura, yang dihadiri oleh 16 orang peserta perwakilan dari beberapa komunitas, 2 orang fasilitator dari LBH Papua, 1 orang dari SSR OPSI Nasional dan 1 orang Fokal Point.

Dalam kegiatan ini, peserta diberikan materi tentang Hak Asasi Manusia (HAM) dasar serta menggali isu-isu dan persoalan-persoalan yang terjadi di kalangan komunitas.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman dan keterampilan tentang paralegal dan hal-hal yang berkaitan dengan proses melakukan peradilan dan advokasi, memberikan pemahaman dan keterampilan tentang upaya-upaya yang harus di lakukan berkaitan dengan hukum, serta memberikan pemahaman dan keterampilan lainnya yang berkaitan dengan pendokumentasian kasus.

Kegiatan ini melalui pendanaan dari CSS EEA GF-NFMc yang dikelola oleh OPSI sebagai SSR.Hiswita Pangau sebagai Focal Poin OPSI menuturkan, " melalui pelatihan ini komunitas diharapkan mampu memahami tentang HAM dasar kemudian seandanya komunitas mengalami kejadian-kejadian yang termasuk dalam kategori pelanggaran HAM, komunitas mampu melaporkan kejadian tersebut kepada pihak yang berwajib".

Penulis : Hiswita Pangau - Jurnalis Warga Kota Jayapura

Related Posts:

0 Response to "Organisasi Perubahan Sosial Indonesia (OPSI) Gelar Pelatihan HAM Dasar bagi Paralegal, suaratifapapua.com"

Post a Comment