Menjadi Tour Guide Karena Mencintai Alam Papua, suaratifapapua.com

Welly Manufandu sejak kecil ingin menjadi tour guide karena mencintai alam Papua (foto: Gerrard)

Kota Jayapura, suaratifapapua.com,- Berbicara soal Sumber Daya Manusia (SDM) Papua terkait dengan pemandu wisata di Papua ternyata  Papua juga memilki pemandu wisata dan salah satunya adalah orang asli Papua. Bagi masyarakat yang belum paham perlu kita ketahui bahwa pramuwisata adalah orang yang bertugas memberikan bimbingan,  informasi, dan petunjuk tentang atraksi atau destinasi. 

Pekerjaan memandu wisatawan mengundang kesan sebuah pekerjaan yang bersifat mewah dan menyenangkan dengan imbalan yang besar, padahal pramuwisata merupakan salah satu profesi (mendapatkan bayaran yang layak atas kemampuannya) yang unik, karena profesi ini membutuhkan kemampuan berbahasa (sesuai yang dibutuhkan), dapat berinteraksi dengan wisatawan, memiliki pengetahuan luas, fleksibel, penuh pengertian dan kedewasaan berpikir serta kesehatan yang prima/kekuatan fisik/jasmani.

Kemampuan memandu tidak hanya didapat dari sekolah/kuliah maupun kursus, tetapi didapat dari pengalaman yang dikumpulkan sedikit demi sedikit dari mengenal objek wisata dan melakukan pemanduan tidak resmi, sampai akhirnya setelah ”jam terbang” nya mencukupi dan dikenal oleh pengguna jasa (biro perjalanan) barulah secara resmi di uji oleh lembaga terkait untuk mendapatkan pengesahan sebagai tour guide yang legal dan bertanggung jawab. 

Proses inilah yang dilalui oleh Welly Manufandu yang kini sudah sekitar 9 tahun menjadi pemandu wisata di Papua. " ia waktu masih kecil saya sudah dekat dengan seorang pemandu wisata yaitu paman Bob Palege, dia salah satu legend atau tour guide yang sangat berpengalaman, selain itu saat saya kelas satu SMP suka nontin discovery chanel. saya kemudian saya tertarik dan akhirnya saya ambil kursus bahasa inggris sekitar tahun 1995".

Welly Manufandu saat memandu peserta pelatihan di Museum Uncen (Foto : Gerrard)

"Yang paling menarik saat menjadi soerang pemandu wisata ialah saat saya bisa mengunjungi daerah-daerah yang baru dan banyak pengalaman-pengalaman baru, selain itu saya mendapat upah dari jalan-jalan tersebut". ucap Welly saat diwawancarai.

"Harapan saya kepada 50 peserta yang mengikuti pelatihan pemandu wisata budaya Kota Jayapura ialah, mereka harus belajar untuk tepat waktu dalam menjadi seorang pemandu wisata, selain itu mereka harus mengenal daerah wisata di Papua kemudian yang paling penting ialah dapat menguasai bahasa asing", untuk 50 peserta ini harus mempunyai kemauan yang keras serta belajar, belajar dan belajar nanti akhirnya mereka akan menikmati hasilnya".

Penulis : Gerrard - Jurnalis Warga Kota Jayapura

Related Posts:

0 Response to "Menjadi Tour Guide Karena Mencintai Alam Papua, suaratifapapua.com"

Post a Comment