LBH Papua Siap Sosialisasi Pengetahuan HAM di Tempat Hiburan Malam, suaratifapapua.com

Diskusi antara Direktur LBH Papua Bersama Focal Poin OPSI dan Staf ARV Comunity Suport IAC


Kota Jayapura, suaratifapapua.com,-- Menindaklanjuti pelatihan paralegal bersama komunitas, yang di selenggarakan oleh Organisasi Perubahan Sosial Indonesia beberapa waktu lalu.

Fokal Point OPSI dan ACS IAC kemudian mendatangi LBH Papua berdiskusi dengan Emanuel Gobay selaku Direktur.

Dalam pertemuan ini, salah satunya adalah menindaklanjuti beberapa hal yang muncul pada saat pelatihan paralegal, atau beberapa persoalan-persoalan di komunitas dan menjadi isu bersama untuk menjadi bahan advokasi, salah satunya adalah kurangnya pemahaman komunitas tentang HAM dasar serta mekanisme pengaduan dan pelaporan, sehingga meskipun mengalami kekerasan atau pelanggaran-pelanggaran namun tidak disadari atau tidak tahu caranya melaporkan dan mencari bantuan hukum.

Sesuai dengan kesepakatan kerjasama bahwa LBH Papua akan membantu komunitas yang membutuhkan bantuan hukum atau untuk melakukan advokasi serta sosialisasi HAM bagi komunitas.

Dari persoalan ini, maka Emanuel Gobay juga menyampaikan bahwa, LBH Papua, juga bersedia untuk melakukan sosialisasi HAM dasar ke tempat hiburan malam, agar setiap komunitas, memahami tentang informasi HAM serta bagaimana melaporkan jika terjadi kasus.

Ke depan jika ada paralegal komunitas dari OPSI yang magang di LBH Papua, akan sangat baik sekali, agar dapat memperdalam informasi dan pengetahuan untuk kemudian di bagikan kepada komunitasnya.

Di harapkan ke depan, semakin banyak komunitas yang paham dan memahami akan pentingnya pengetahuan HAM serta mekanisme pelaporan.



Penulis : Hiswita Pangau - Jurnalis Warga Kota Jayapura

Related Posts:

0 Response to "LBH Papua Siap Sosialisasi Pengetahuan HAM di Tempat Hiburan Malam, suaratifapapua.com"

Post a Comment