Kunjungan KPA Kota Jayapura Ke Kantor Yayasan Harapan Ibu Papua,suaratifapapua.com

Staf Komisi Penanggulangan AIDS Kota Jayapura saat berdiskusi dengan Staf Yayasan Harapan Ibu Papua

Kota Jayapura, suaratifapapua.com,- Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Jayapura sebagai lembaga kordinasi yang menjadi bagian penting dalam program pencegahan dan peanggulangan HIV dan AIDS (P2HA). Baru-baru ini melaukan kunjungan ke Yayasan Harapan Ibu Papua (YHIP) Harapanibu untuk berdiskusi bersama tentang program yang di jalankan oleh YHIP. 

Dihadiri oleh 5 orang staf KPA, Pimpinan YHIP dan 5 orang staf. Kunjungan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana program P2HA khususnya bagi PSP yang di kerjakan oleh YHIP yang di danai oleh Global Fund. 

Menurut Pimpinan YHI yaitu Veneranda Kirihio , sejauh ini aktifitas di lapangan tetap berjalan sebagaimana mestinya dengan tetap berfokus pada penjangkauan dan pendampingan komunitas PSP meski tidak dapat di pungkiri bahwa banyak sekali tantangan yang di hadapi tidak hanya dari komunitas namun juga keterbatasan dana untuk kegiatan-kegiatan pertemuan bagi komunitas menjadi salah satu tantangan bagi lembaga maupun petugas lapangan (PL) dan juga masih banyak ODHA PSP yang tidak mau mengakses obat ARV bahkan tingginya kasus LFU pada dampingan YHIP juga keterbatasan reagen pemeriksaan HIV di beberapa layanan kesehatan sehingga kesulitan melakukan mobile VCT.

Foto Bersama Staf KPA dan YHI Papua

YHIP Papua adalah salah satu LSM yang saat ini berfokus pada penjangkauan dan pendampingan PSP di Kota Jayapura yang di danai oleh Global Fund.
Asikin sebagai salah satu staf program KPA Kota Jayapura menyampaikan bahwa, dalam menjalankan program P2HA KPA tidak bergerak sendiri namun peran LSM sebagai organisasi yang bergerak di akar rumput menjadi sangat penting dan berpengaruh sehingga apa yang di sampaikan oleh YHIP akan menjadi catatan penting untuk ke depannya akan di teruskan kepada Ketua KPA untuk bersama-sama mencari solusi agar program P2HA di Kota Jayapura dapat berjalan dengan baik.

Diharapkan ke depan program P2HA dapat berjalan dengan baik dengan kerjasama semua pihak sehingga kita dapat bersama-sama berkomitmen mewujudkan Getting To 3 Zeroes: Zero New HIV Infection, Zero Stigma and Discrimination dan Zero AIDS Related Death harus kita capai.

Penulis : Hiswita Pangau - Jurnalis Warga Kota Jayapura

Related Posts:

0 Response to "Kunjungan KPA Kota Jayapura Ke Kantor Yayasan Harapan Ibu Papua,suaratifapapua.com"

Post a Comment