Kota Jayapura Siapkan 50 Orang Pemandu Wisata Budaya Persiapan PON 2020

Pembukaan Pelatihan Pemandu Wisata Budaya Kota Jayapora Tahun 2019


Kota Jayapura,suaratifapapua.com- Guna menyiapkan sumber daya manusia di Kota Jayapura dan dalam rangka persiapan PON 2020 Dinas Pariwisata Kota Jayapura melaksanakan kegiatan pelatihan pemandu wisata budaya. Pelatihan tersebut digelar selama 5 hari yakni 25 juni hingga 29 juni 2019 di Grand Abe Hote.

"Tujuan kegiatan ini ialah meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia dibidang kepariwisataan di Kota Jayapura serta bertujuan menyiapkan tenaga pemandu wisata yang handal, profesional dan siap pake dalam melayani para wisatawan nusantara maupun mancanegara yang berkunjung ke Kota Jayapura" , ucap Kepala Dinas Pariwisata, Matias Mano dalam sambutannya.

" Kegiatan pelatihan ini tidak hanya didalam ruangan tapi juga ada praktek langsung dilapangan, dan untuk dilapangan jadwalnya sudah diatur oleh panitia, sehingga para peserta diharapkan benar-benar memahami tugasnya nanti sebagai seorang pemandu wisata".

“Ya, ini merupakan salah satu program reguler pemkot melalui Dinas Pariwisata, kami laksanakan setiap tahun namun khusus tahun 2019 kami libatkan masyarakat adat dari 10 kampung adat di Kota Jayapura sebagai peserta,” ucapnya saat diwawancarai awak media disela-sela kegiatan tersebut.

Selain masyarakat dari kampung adat, ada pula peserta yang berasal dari komunitas-komunitas pariwisata. “Ada dari komunitas juga, karena target peserta sebanyak 50 orang,” katanya.

Ia mengungkapkan para peserta wajib fasih berbahasa Inggris karena nantinya akan memandu para wisatawan yang tidak hanya dari Nusantara saja melainka Mancanegara juga.

“Kami harap mereka dapat memahami dan mengenal destinasi pariwisata di kota Jayapura agar dapat membantu memperkenalkan kepada masyarakat yang berasal dari luar papua,”harapnya.

Selain itu peserta juga diharapkan sebagai pusat informasi yang berjalan maka harus tahu seluk beluk kota Jayapura dengan baik, secara administrasi maupun secara sarana prasarana", Sehingga wisatawanpun puas atas pelayanan yang diberikan oleh pemandu-pemandu wisata muda ini".
 
Penulis : Gerrard - Jurnalis Warga Kota Jayapura

 

Related Posts:

0 Response to "Kota Jayapura Siapkan 50 Orang Pemandu Wisata Budaya Persiapan PON 2020"

Post a Comment