Komunitas Papua Pecandu Damai (Papeda), suaratifapapua.com

Komunitas Papeda (Papua Pecandu Damai)


Kota Jayapura, suaratifapapua.com,-- Papua Pecandu Damai (Papeda) sebuah komunitas yang beranggotakan mantan pecandu narkoba dan pekerja seks jalan. Saat diwawancarai oleh jurnalis suaratifapapua.com Dessy menuturkan bahwa Komunitas Papeda sempat Vakum beberapa saat, akhirnya di aktifkan kembali pada tahun 2017 lalu, tidak ingin ilmu dan pengalaman menjadi sia-sia, komunitas papeda merasa harus membantu orang yang ada di sekitar mereka agar lepas dari kencanduannya terhadap narkoba, seks, dan memotivasi ODHA. 

tapi karena keterbatasan dana komunitas papeda hanya melakukan pendampingan rumahan, memberikan sosialisasi penjangkauan bagi orang terdekat yang bisa mereka jangkau, menurut ketua dari komunitas papeda Dessy, papeda sendiri belum memiliki sumber pendanaan yang tetap, jadi komunitas membuat sebuah usaha Papeda Travel, tidak hanya melayani pembelian tiket pesawat, papeda travel juga melayani pembelian pulsa telephone dan pulsa listrik.  

keuntungan yang tidak seberapa akan di kelola oleh kas Papeda dan bisa di pake untuk mobilitas teman - teman di lapangan atau untuk membayar sewa tempat sekertariat,

harapan kedepanya papeda bisa memiliki badan hukum sehingga legalitasnya bisa di akui dan menjadi wadah untuk berbagi dan memandirikan teman-teman.

Dessy juga menambahkan bahwa tidak ada yang ingin jadi pecandu narkoba atau pekerja seks jalan. "keadaan lingkungan dan tuntutan ekonomi yang memaksa teman-teman untuk menjadi pecandu dan pekerja seks".

"jadi kita semua yang tergabung dalam komunitas papeda tampa membedakan, sama-sama berjuang untuk sedikit demi sedikit atau secara bertahap mengurangi kecanduan terhadap narkoba dan seks".

"karena tidak ada yang sempurna di dunia ini, jadi kami hanya berusaha menjadi lebih baik dari diri kami yang dulu", tambahnya.



Penulis : Jilhan - Jurnalis Warga Kota Jayapura

Related Posts:

0 Response to "Komunitas Papua Pecandu Damai (Papeda), suaratifapapua.com"

Post a Comment