Kesadaran Masyarakat Terkait Membuang Sampah Pada Tempatnya Sangat Rendah, suaratifapapua.com



Sentani, suaratifapua.com,- Pada Februari 2019, pemerintah baru saja meresmikan Bank Sampah di Kabupaten Jayapura, yang bertujuan untuk menangani persoalan sampah yang cukup banyak, dan melalui program ini di harapkan masyarakat paham dan mendukung program pemerintah, serta dapat mengelola sampah runahan dari rumah masing-masing.

Bank sampah Unit Crystal Fire yang berlokasi di Sentani Kota, bertugas untuk membantu bank sampah induk dalam mengelola sampah di daerah ini.

Namun hingga kini masih banyak masyarakat yang tidak memiliki kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan, seperti yang terlihat jelas di daerah jalan kihiran Sentani Kabupaten Jayapura, begitu banyak sampah rumahan yang menumpuk di pinggir jalan merusak pemandangan sekitar.

Meskipun sudah ada larangan namun tetap ada masyarakat yang membuang sampah disini, membuat masyarakat yang tinggal di daerah sekitar merasa tidak nyaman dengan bau sampah, karena lokasinya yang cukup dekat dengan lokasi perumahan.

Pentingnya sosialisasi berkelanjutan dan terus menerus bagi masyarakat, yaitu dengan melibatkan stakeholder setempat untuk membangun kesadaran masyarakat agar bersama mendukung program pemerintah.


Penulis : Hiswita Pangau - Jurnalis Warga Kota Jayapura

Related Posts:

0 Response to "Kesadaran Masyarakat Terkait Membuang Sampah Pada Tempatnya Sangat Rendah, suaratifapapua.com"

Post a Comment