Indonesia AIDS Coalition Gelar Pelatihan bagi Media dan Komunitas di Kota Jayapura, suaratifapapua.com


Kota Jayapura, suaratifapapua.com,-- Sejak awal kemunculannya, HIV dan AIDS di warnai dengan sejumlah mitos, ini terjadi karena awal mulanya banyak di temukan pada kelompok homoseksual, Wanita pekerja seks dan Pengguna narkoba jarum suntik. tanpa adanya informasi yang memadai fenomena ini semakin menyuburkan mitos di masyarakat, HIV dan AIDS di indetikan dengan perilaku 'menyimpang' yang tidak sesuai dengan nilai-nilai moralitas, dengan kondisi semacam ini stigma dan diskriminasi pada orang dengan HIV/AIDS (ODHA) timbul dan makin subur.

hal di atas menjadi salah satu kerangka acuan Indonesia Aids Qualition (IAC)  melakukan pelatihan media dan CSO "Pemberitaan Media yang Positif bagi ODHA" yang di laksanakan di 23 kabupaten/kota, salah satunya kota jayapura yang berlangsung pada tanggal 15 - 17 juli 2019 lalu.

kegiatan yang saat ini sedang berlangsung selasa 16 juli 2019, menurut salah  satu fasilitator dari IAC Gerard, "dengan kegiatan ini kita dapat mengurangi Stigma diskrimanasi atau cap buruk yang masih sangat tinggi bagi ODHA di jayapura, sehingga ODHA berani open status atau    membuka diri dan menceritakan  ke orang bahwa HIV tidak begitu buruk dan menakutkan seperti yang mereka bayangkan, HIV sama dengan penyakit lainya. dan peran teman teman media sangat penting dalam menyebarkan informasi terkait HIV.

"Karena HIV dan AIDS bukan cuman tanggung jawab dinas kesehatan kota jayapura dan Komisi Penanggulangan Aids (KPA) kota jayapura. Tapi HIV dan AIDS menjadi tanggung jawab bagi kita semua warga masyarakat yang ada di Kota Jayapura", tambahnya.

Penulis : Jilhan Kantoli - Jurnalis Warga Kota Jayapura

Related Posts:

0 Response to "Indonesia AIDS Coalition Gelar Pelatihan bagi Media dan Komunitas di Kota Jayapura, suaratifapapua.com"

Post a Comment