BUTUH SOLUSI,PEDAGANG PASAR MASIH KESULITAN TANPA KANTONG PLASTIK, suaratifapapua.com





Jayapura, suaratifapapua.com,-- Larangan penggunaan kantong plastik sejak februari 2019 ini, sudah di berlakukan, namun banyak penjual seperti di pasar yang kesulitan jika tidak menggunakan kantong plastik karena pembeli yang datang tanpa kantong belanjaan.

Larangan Pemerintah Kota Jayapura tentang penggunaan kantong plastik masih belum dapat di berlakukan secara menyeluruh di pasar tradisional, masih banyak pedagang yang terpaksa menggunakan kantong plastik karena pembeli yang datang pun tidak membawa kantong dengan berbagai jenis dagangan yang berebeda-beda.

seperti salah satu mama penjual  yang di temui mengatakan bahwa, "kalo kami trasedia kantong pembeli juga kesulitan mo isi sagu, tahu dan belanjaan lain dimana, tramungkin dong pegang, ada pembeli yang trabawa kantong belanja, belum lagi kalondong beli ikan, kasian mau pegang bagaimana, kalo bisa pemerintah bantu solusinya bagaimana, tapi kami mendukung".

Pentingnya sosialisasi tidak hanya bagi penjual tetap juga pembeli, agar memiliki kesadaran untuk membawa kantong belanjaan saat berbelanja.

Di tempat yang sama, ibu Iren sebagai pembeli mengatakan bahwa, "iya kami tau ada aturan itu, tapi kami juga masih menyesuaikan jadi kadang suka lupa, trabawa kantong belanja, baru kan kalu belanja di pasar beda dengan di toko, jadi berharap saja di penjual ada kantong, begitu, belum lagi kalu tong mo beli ikan mentah, kalu tra pake kantong baru bagaimana? ya mungkin bisa bantu pikir juga".

Pentingnya sosialisasi tidak hanya terbatas pada larangan, namun bagaimana mencari solusi agar pedagang dan pembeli memahami lebih jelas. Dan dapat bersama-sama mendukung dan menjalankan aturan yang di buat oleh pemerintah.

Di beberapa pusat perbelanjaan memang sudah sangat mendukung dan memberlakukan aturan yang di buat oleh pemerintah, namun ada juga yang masih belum mengikuti.

Larangan penggunaan kantong plastik ini untuk menekan potensi pencemaran lingkungan dari limbah plastik, sehingga kita sebagai masyarakat harus mendukung aturan yang di berlakukan oleh Pemerintah Kota Jayapura.

Penulis : Hiswita Pangau - Jurnalis Warga Kota Jayapura

Related Posts:

0 Response to "BUTUH SOLUSI,PEDAGANG PASAR MASIH KESULITAN TANPA KANTONG PLASTIK, suaratifapapua.com"

Post a Comment