2020 Kampung Yowong Alokasikan Dana APBK Untuk Berantas Malaria, suaratifapapua.com

Tim Malaria Center Saat Berdiskusi dengan Kepala Kampung


Keerom, suaratifapapua.com,-- Program MACE (MAlaria CEnter) Jum(at) Keliling kembali mengunjungi Kampung Yowong Distrik Arso Barat pada Jumat (14/6) lalu.

Petugas menemui Kepala Kampung Yowong Bapak Anselmus Tafon dirumah kediamannya. Pada prinsipnya kepala kampung sangat mendukung program kesehatan di kampungnya dengan mengalokasikan anggaran untuk kesehatan dalam APBK /Anggaran Kampung berupa pembelian bahan pemeriksaan skrining faktor risiko Penyakit Tidak Menular seperti kolesterol, asam urat, dan gula darah.

Setelah berdiskusi, kepala kampung menuturkan pada tahun 2020 mendatang akan menganggarkan dalam APBK program Gempur Malaria dikampung seperti untuk pemberantasan genangan air dan insentif untuk menunjang kegiatan pemberantasan malaria yang dilakukan oleh Kader Malaria Kampung.

Kepala Kampung Yowong sangat mendukung program Gempur Malaria di wilayah Kampungnya dan akan mendukung sepenuhnya kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh kader malaria. Disamping itu, untuk gerakan bersih kampung melalui Jumat Bersih biasanya dilakukan, namun saat ini belum dilakukan karena membutuhkan dana untuk operasional dan konsumsi masyarakat. Setelah dana kampung cair akan digalakkan kembali gerakan Jumat Bersih tersebut.

Setelah selesai berdiskusi tim juga mengunjungi kader malaria dirumahnya namun mereka lagi diluar kampung. Namun berdasarkan informasi yang diperoleh bahwa kedua kader malaria yakni Bapak Agus dan Ibu Yuliana telah melakukan pendataan KK dan peta malaria kampung. Kader telah siap melakukan kunjungan rumah setelah kader malaria kit dikirimkan oleh Puskesmas Arso Barat.

Penulis : Gerrard - Jurnalis Warga Kota Jayapura


Related Posts:

0 Response to "2020 Kampung Yowong Alokasikan Dana APBK Untuk Berantas Malaria, suaratifapapua.com"

Post a Comment