SD YPK Onomi Sentani dipalang, Siswa/ i Ikut Ijian Semester Dibawa Pohon, suaratifapapua.com





Jayapura, suaratifapapua.Com,--Puluhan siswa/i yang berasal dari  SD YPK Onomi Sentani Kabupaten Jayapura Papua, terpaksa belajar dibawa pohon dikarena sekolahnya dipalang oleh pemilik hak ulayat setempat.

Hak ulayat menjadi persoalan besar saat ini dan permintaan kompensasi terus betubi-tubi dikalangan masyarakat.  Oleh karena itu, masyarakat setempat melakukan pemalangan SD tersebut karena tuntut hak ulayat tanah.

Menurut pantauan media ini, Senin (14/5/2019) kejadian ini sangat memprihatiankan, berharap ada proses penyelesaian masalah ini.

"Karena,  para siswa/i yang menjadi korban sehingga pelaksanaan ujian pun harus berlangsung di halaman gereja. Oleh karena  itu,  diharapkan kepada pemerintah Daerah serta pengelola PSW YPK di Tanah Papua dan pemilik hak ulayat untuk duduk bersama mencari solusi penyelesaian masalah tanah tersebut.

Salah seorang ibu yang enggan menyebutkan namanya orang tua dari siswa SD tersebut meminta agar proses belajar mengajar bisa berjalan dengan baik demi masa depan anak-anak kami, masalah hak ulayat ini segera diselesaikan.


Penulis : James Jurnalis JW
Editor : Christian Degei

Related Posts:

0 Response to " SD YPK Onomi Sentani dipalang, Siswa/ i Ikut Ijian Semester Dibawa Pohon, suaratifapapua.com"

Post a Comment