REMAJA DAN HIV-AIDS,suaratifapapua.com




Jayapura, suaratifapapua.com,-- Data kasus terbaru kasus HIV-AIDS yang di keluarkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Papua per 31 maret 2019 yaitu 40.805 kasus.

Menjadi topik yang di bahas pada sesi ini, yaitu kaitannya dengan situasi anak muda atau remaja saat ini dengan pergaulannyang cukup bebas, yang juga menjadi pemicu salah satu faktor terjadinya penularan HIV di kalangan remaja saat ini.

Pentingnya informasi HIV-AIDS bagi remaja agar membangun pemahaman remaja tentang penularan dan pencegahan HIV-AIDS serta meningkatkan peran orang tua dan guru dalam mengasuh, mendidik dan memantau anak remaja.

Di era yang serba modern dengan kecanggihan teknologi seolah memberi peringatan bagi remaja maupun orangtua bahwa salah satu hal yang harus menjadi perhatian adalah pentingnya membicarakan tentang seks dan seksualitas kepada anak-anak remaja, agar anak mendapatkan informasi yang baik dan benar dari orang tua atau guru, sehingga tidak ada anak-anak remaja yang kemudian terjerumus kedalam pergaulan bebas karena keingintahuan pada sesuatu, atau pada akhirnya mencoba-coba untuk menjawab rasa penasaran mereka.

Banyak orang tua melarang anak-anak atau membatasi anak-anak untuk membahas tentang seks dan seksualitas, apalagi kondom. Padahal, akan lebih baik jika informasi itu mereka  diskusikan dengan orang tua, sehingga ada pesan positif yang dapat di berikan. Karena di jaman ini kita tidak dapat membatasi informasi yang berkembang di luar atau di lingkungan pergaulan setiap anak.

Banyak kasus saat ini, yaitu anak remaja yang juga terinfeksi HIV-AIDS karena pergaulan bebas dan bahkan putus sekolah, beberapa menjadi pekerja seks, untuk sekedar memenuhi keinginan dan gaya hidup.

Peran semua pihak menjadi penting untuk isu HIV-AIDS, agar anak-anak remaja sebagai generasi penerus bangsa, mampu menjadi generasi yang sehat, cerdas dan berhasil tanpa HIV-AIDS.

Penulis : Hiswita Pangau - Jurnalis Warga Kota Jayapura


Related Posts:

0 Response to " REMAJA DAN HIV-AIDS,suaratifapapua.com"

Post a Comment