Perlu penertiban Harga Noken Persiapan PON 2020,suaratifapapua.com

Yulia Sedang Merajut Noken Sambil Menunggu Pembeli
( foto : Gerrard)

Jayapura, suaratifapapua.com,-- Noken atau tas khas Papua ini terus diminati oleh masyarakat yang ada di Papua maupun orang-orang yang sedang berkunjung ke Papua. Dan dalam rangka PON 2020 produksi Noken akan diperbanyak oleh masyarakat yang nantinya digunakan untuk oleh-oleh para peserta maupun pengunjung pada kegiatan pekan olah raga nasional tersebut.

" Ya saya siap buat noken banyak-banyak yang penting dipesan oleh pemerintah, dalam sehari saya bisa buat noken 2 kalau Trada kesibukan," tapi kalau sibuk saya bisa selesaikan 1 saja". Tutur Yulia, wanita asal Kabupaten Nabire tersebut menjelaskan.

"Saya sebenarnya tinggal diperumnas 2 Waena tapi karena lokasi saya kurang strategis sehingga saya jualan dipinggir jalan Raya Sentani - Abepura," dalam sehari bisa laku sampai dua,tapi kadang-kadang juga tidak ada yang beli",lanjutnya menjelaskan.

Pedagang Noken di Kota Jayapura semakin banyak namun belum tertata rapi oleh pemerintah melalui dinas terkait, sehingga harapan kedepan mungkin ada lokasi khusus agar nama-nama yang berjualan noken dapat tertata dan harga pun dapat diatur.

Ahmad salah seorang yang kebetulan sedang mencari noken menuturkan, " ada noken yang ukurannya sama dan bahan yang sama namun harga-harga berbeda jauh,ada mama yang jual mahal ada juga yang jual murah, sehingga dirinya berharap kedepannya perlu ada penataan ruang dan harga apalagi sebentar lagi PON dan kita menjadi tuan rumah, setidaknya kita bisa memberi kesan yang baik kepada tamu-tamu kita".

Penulis : Gerrard - Jurnalis Warga Kota Jayapura

Related Posts:

0 Response to "Perlu penertiban Harga Noken Persiapan PON 2020,suaratifapapua.com"

Post a Comment