" Malas Tau", Membuat Banyak ODHA Yang Drop Bahkan Meninggal Dunia



Jayapura, suaratifapapua.com,- Angka kasus penderita HIV di Kota Jayapura hingga saat ini ialah 6.189. itu adalah data yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Propinsi Papua.

Tingginya angka kasus lost tu follow up sehingga banyak ODHA yang belum mengkomsumsi obat Anti Retroviral atau yang lebih dikenal ARV.

Fince Womsiwor menceritakan bahwa beberapa waktu ini dampingannya sekitar 4-5 orang drop karena tidak minum ARV dan sebagian drop karena tidak minum obat ARV secara teratur. "Saya sudah kasi berulangkali supaya minum obat teratur, pergi ambil obat rutin," tapi ya faktanya begitu, mereka seolah-olah malas tau dengan masalah kesehatan kalau masih sehat".

"Sekitar dua bulan ini teman-teman ODHA yang saya dampingi ada yang meninggal, ada yang drop karena tidak minum ARV, tidak teratur minum obat ARV dan masih banyak permasalahan lainnya".

"Mereka memang rata-rata anak jalanan, pendidikan paling tinggi SMA, masih hobi senang-senang dan kumpul bersama teman-temannya".

"Kurangnya dukungan keluarga dan rendahnya pendidikan menjadi kendala dalam mendampingi anak-anak jalanan", Kalau sakit sudah saya rujuk ke puskesmas dan rumah sakit bahkan mendampingi secara langsung dan kalau anak-anak ini sudah rasa sehat mereka akan pergi ke kabupaten-kabupaten yang lain. Nanti tiba-tiba muncul lagi kalau sudah sakit, Bangkan kadang dengar dari orang kalau ada yang sudah meninggal".

"Selain itu banyak ODHA yang belum memiliki kartu E-KTP dan kartu jaminan kesehatan sehingga kalau dari mereka ada yang sakit urusannya bakal panjang, tutur Fince Womsiwor menjelaskan.

Dalam kesempatan yang sama Fince Womsiwor juga menghimbau kepada teman-teman yang terinfeksi HIV," ia untuk teman-teman ODHA kalau rasa diri masih sehat baiknya segera mengurus E-KTP dan surat-surat lainnya, agar ketika jatuh sakit tidak terlalu setengah mati bolak-balik urusannya," jangan tunggu sakit dulu baru mau urus,itu akan terasa semakin berat".

Penulis : Gerrard - Jurnalis Warga Kota Jayapura

Related Posts:

0 Response to "" Malas Tau", Membuat Banyak ODHA Yang Drop Bahkan Meninggal Dunia"

Post a Comment