"Kami dengan Disnaker sudah menyampaikan dengan baik kepada Bank Papua, bahwa tidak ada stigma dan diskriminasi bagi ODHA, suaratifapapua.com

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura Saat Memberikan Keterangan ( Foto : Gerrard)


Jayapura, suaratifapapua.com,-- Beberapa waktu ini informasi terkait salah satu persyaratan lamaran pekerjaan yang di keluarkan oleh Bank Papua cukup membuat heboh kalangan masyarakat terlebih bagi pemerhati dan penggiat HIV dan AIDS, dikarenakan pada surat lowongan pekerjaan itu, ada salah satu persyaratan bagi pelamar untuk menyertakan salah satu dokumen Bebas HIV .

Berita dan informasi ini pun menyebar dan membuat pertanyaan diberbagai kalangan, karena jika salah satu syarat adalah bebas HIV, apakah Orang Dengan HIV dan AIDS (ODHA) tidak dapat bekerja?.

Informasi ini begitu cepat menyebar melalui sosial media, dan akhirnya mendapat respon dari Pemerintah, baik Dinas Kesehatan dan Dinas Tenaga Kerja.

Pada kegiatan Malam Renungan AIDS yang di selenggarakan oleh KPA Kota Jayapura, berkesempatan mewawancarai dr Ni Nyoman Sri Antari selaku Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, bahwa telah dilakukan pertemuan dengan pihak Bank Papua untuk meluruskan informais ini dan sudah terselesaikan.

"Kami dengan Disnaker sudah menyampaikan dengan baik kepada Bank Papua,  bahwa tidak ada stigma dan diskriminasi bagi ODHA, apalagi saat ODHA mencari kerja, Kalau memang positif harus menjalani pengobatan dengan benar, dan ketika sehat mereka berhak bekerja untuk memghidupi diri mereka dan keluarga, sehingga tidak merugikan negara. Jadi jika ada ODHA yang mencari kerja, harus mendapat dukungan.
Dan pada bulan Juli nanti akan ada Konfrensi besar, dan kami bekerjasama dengan CSR untuk pemberian informasi dan pemeriksaan HIV, sangat mereka mendukung".

Jadi sekali lagi untuk persyaratan yang di keluarkan oleh Bank Papua sudah di selesaikan kemarin juga saya mendapat informasi bahwa pihak Bank Papua sudah memahami maksud dan tujuannya, dan bahkan mendukung program pencegahan dan penanggulangan HIV dan AIDS.


Penulis : Hiswita Pangau - Jurnalis Warga Kota Jayapura

Related Posts:

0 Response to " "Kami dengan Disnaker sudah menyampaikan dengan baik kepada Bank Papua, bahwa tidak ada stigma dan diskriminasi bagi ODHA, suaratifapapua.com"

Post a Comment