2019 JW TIFA Lebarkan Sayap Jangkauan Peliputan Berita di Papua, suaratifapapua.com

Koordinator JW TIFA Sedang Menjelaskan Program JW Tahun 2019 Melalui Dukungan PPMN


Jayapura, suaratifapapua.com,-- Sabtu,11/05, Jurnalis Warga (JW) Tifa  Kota Jayapura melakukan pertemuan perdana  untuk proses rekrutment anggota JW dan sekaligus sebagai ajang refresh bagi anggota JW yang lama, dengan tujuan untuk berbagi informasi dan menambah anggota JW agar semakin banyak yang terlibat dalam program yang akan dijalankan bersama di tahun 2019.

JW Tifa adalah salah satu Komunitas di bawah Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN) yang sejak beberapa tahun terakhir ini berfokus pada berita online dengan melibatkan Jurnalis Warga yang dilatih dari latar belakang berbeda-beda, dan tidak harus jurnalis atau wartawan profesional.

Berhasil dengan program 2018, kali ini di tahun 2019 Jurnalis Warga Tifa Kota Jayapura kembali mendapat dukungan dari PPMN untuk program "Gerakan Jurnalisme Warga Mengawasi dan Mendorong Peningkatan Layanan Publik Inklusif".

Dengan adanya program ini, di harapkan melalui berita dan tulisan JW mampu memberikan perubahan bagi pelayanan yang lebih baik sesuai dengan standart pelayanan bagi masayarakat.

Berbagai isu yang menjadi fokus sehingga  setiap anggota di harapkan mampu menulis dan membuat berita, terkait isu-isu yang ada di masyarakat tidak terbatas.

Pertemuan awal rekrutment ini, di hadiri oleh perwakilan dari beberapa kota/kab yang ada, yaitu Kab Keerom, Kab Jayapura dan Kota Jayapura, juga dari Kab Mamberamo Raya.

Seperti yang di sampaikan oleh Gerrard selaku Koordinator JW Tifa bahwa "Dengan adanya JW Tifa kiranya mampu memberikan dampak positif bagi media online lainnya, serta bekerjasama, yaitu dengan memberikan berita yang nyata bukan hoax, agar benar-benar memberi pengaruh dan mampu mendorong satu perubahan ke arah yang lebih baik, sehingga masyarakat merasakan dampaknya".

Pada tahun 2019 ini juga di harapkan JW tifa memiliki legalitas hukum, agar kedepan JW Tifa memiliki peluang untuk mendapatkan bantuan dari Pemerintah maupun pihak luar, dan terlebih khusus untuk ID Card Pers, sehingga setiap anggota lebih leluasa dalam bergerak baik menulis dan mencari berita di lapangan.

Evi Toam sebagai salah satu peserta yang terlibat, merasa sangat senang dapat di libatkan dalam kegiatan ini, "saya senang, meski saya jauh di kampung Yakonde kabupaten Jayapura tapi saya di undang, dan saya akan belajar membuat berita, terima kasih".

Jurnalis Warga juga akan melaksanakan Talk show dengan radio yang ada di Kota Jayapura, untuk membahas isu-isu utama yang terjadi di masyarakat, karena meski di jaman serba online saat ini, namun masih banyak yang begitu erat dengan radio, sehingga merasa perlu untuk tetap menggunakam radio sebagai saluran informasi bagi masyarakat.

Tidak hanya itu, akan ada beberapa kegiatan baik kunjungan ke beberapa sekolah dan mentoring JW yang akan di lakukan.

Komitment dan kerjasama serta informasi yang akurat dan nyata menjadi dasar bagi setiap anggota JW.

Penulis : Hiswita Pangau - Jurnalis Warga Kota Jayapura

Related Posts:

0 Response to "2019 JW TIFA Lebarkan Sayap Jangkauan Peliputan Berita di Papua, suaratifapapua.com"

Post a Comment