2019 Jurnalis Warga (JW TIFA) Komitmen Kawal Pelayanan Publik di Kota Jayapura, suaratifapapua.com


Jayapura, suaratifapapua.com,- Bagi teman-teman di Kota Jayapura yang berminat bergabung bersama Jurnalis Warga (JW TIFA) Kota Jayapura silahkan menghubungi kami dinomor 085254560040 (Gerrard - Koordinator JW Kota Jayapura). Melalui dukungan Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN) tahun 2019.

Jurnalisme Warga (JW) adalah pemberdayaan warga melalui kegiatan menulis laporan atau pemberitaan. Berita yang ditulis tentang persoalan warga mulai dari tingkat terendah yaitu komunitas atau desa tempat tinggal mereka. Kegiatan menulis ini, harus mengacu pada prinsip dasar jurnalistik dan diarahkan pada saluran yang tersedia secara pribadi misalnya
melalui media sosial (Facebook, Youtube, dll) hingga tingkat komunitas seperti majalah dinding, website desa/komunitas, sampai ke media lokal yang tersedia di wiayah tertentu.

Hasil-hasil laporan jurnalis warga dapat menjadi salah satu alat advokasi untuk membuat perubahan di masyarakat dipimpin oleh seorang Koordinator Jurnalis Warga (KJW). KJW juga mengatur dan menyelenggarakan pendampingan bagi JW, mendalami isu, mendekati para pihak (perangkat desa, aparatur dinas terkait, LSM lokal, media lokal, tokoh agama danmasyarakat, dll) sehingga melahirkan berita JW yang baik, dapat dipublikasikan lebih luasdiperhatikan masyarakat dan menyentuh kalangan pengambil kebijakan.

Pada beberapa daerah yang sudah memiliki sistem keterbukaan informasi yang baik, berita JW bisa ditampung langsung oleh saluran media pemerintah.Pengalaman bertahun-tahun mengelola program jurnalisme warga membuat kami belajar gerakan ini cukup efektif mendorong terjadinya perubahan terutama dalam memenuhi hak-hak warga yang marjinal di daerah terpencil dan terisolasi, kaum perempuan dan miskin,
masyarakat adat serta warga disabilitas. Di kabupaten Pemalang Jawa Tengah sejumlah anak disabiltas yang tidak pernah mendapatkan akses pendidikan berhasil mendapat perhatian desa dan dinas untuk akhirnya bisa bersekolah karena tulisan jurnalis warga.

Di Pacitan Jawa Timur, liputan jurnalis warga membuat sekelompok disabilitas mendapatkan bantuan dana dari dinas terkait untuk melanjutkan wirausaha mereka. Sementara di berbagai pelosok Papua liputan jurnalis warga menjadi alat yang ampuh dalam mengawasi petugas Puskesmas termasuk para dokter bekerja dengan baik, sesuai jadwal dan
memperhatikan fasilitas alat kesehatan dan obat-obatan tersedia.

Di Kabupaten Lombok Utara, dimulai dengan laporan jurnalis warga pemerintah kabupaten mengeluarkan aturan yang membebaskan layanan persalinan bagi warga miskin dari semua biaya dan masih banyak lagi cerita lainnya.

Penulis : Gerrard - Jurnalis Warga Kota Jayapura

Related Posts:

0 Response to "2019 Jurnalis Warga (JW TIFA) Komitmen Kawal Pelayanan Publik di Kota Jayapura, suaratifapapua.com"

Post a Comment