Memulai Majalah Perdana RPM SIMAPITOWA Gelar Pelatihan Jurnalistik



Jayapura,suaratifapapua.com, -Proses penyerbitan edisi pertama majalah Simapitowa, Rumpung Pelajar Mahasiswa, Siriwo,Mapia,Piyaiye, Topo, Wanggar (RPM SIMAPITOWA) gelar pelatihan jurnalistik di Aula SMK Negeri 3 Kota Raja, Jayapura, Sabtu, (6/4/2019).
Pelatihan jurnalistik tersebut bertujuan untuk menyiapkan generasi baru dalam proses persaingan dan juga sebagai jurnalis mudah di majalah Simapitowa yang kelak bakal bergerak dalam menulis berbagai jenis tulisan seperti sejarah, Artikel/Opini, berita bahkan cerpen dan lainya. Dalam pelatihan ini, RPM SIMAPITOWA mengambil thema Membangun Simapitowa Melalui Menulis. Dalam pelatihan itu tercacat 80 peserta yang berhasil menyikutinya.

Organisasi  RPM SIMAPITOWA  rencana bakal siap luncurkan    sebuah majalah bulanan.  Untuk  itu, menpermudah para pelajar  dan Mahasiswa dalam menyumbang berita, mulai melakukan pelatihan jurnalistik.
Dalam kesempatan  itu dihadiri tiga pematerinya ialah Alexander Gobai dari Bintang Papua , Hengki Yeimo dari Jubi dan Ibiroma Wamla dari Komunitas Sastra Papua (Kosapa),Ketiga pemateri itu hendak bawakan materi yang berbeda namun berkaitan dengan jurnalistik.

 “Saya  sangat  mengapresiasi kepada seluruh lapisan pelajar dan mahasiswa yang dapat  berpartisipasi dalam pelatihan jurnalistik,kata Ketua RPM SIMAPITOWA Hengky Mote kepada papualives di Jayapura, Sabtu, (6/4/2019).
 Dirinya juga berterima kasih kepada Yanus Kuayo yang telah mempasilitas pelatihan jurnalistik pula dalam proses pembuatan malajah secara keseluruhan.
“Dengan menulis kita bisa mencari dan melamar kerja di salah satu  instasi media cetak maupun media Online dan dengan menulis pula kita bisa mengekspresi isi hati kepada publik dengan jenis  tulisan seperti berita, artikel/opini dan lainnya,lanjut dia.

Berharap melalui  pelatihan  ini, agar generasi mudah  RPM SIMAPITOWA lebih khususnya pelajar dan mahasiswa di kota study  Jayapura agar bisa menghasilkan tulisan yang objektif berdasrakan facta di lapangan.
Melalui tulisan seseorang dapat mengenal orang lain dari berbagai daerah bahkan dari dalam maupun luar negeri,mintanya.
Dengan menulis maka kita terbuka  dan pengatahun kita semakin luas pengetahuan  kita.
Pelatihan jurnalistik ini kelak kami akan lanjutankan dengan  terbitan majalah SIMAPITOWA  yang disponsori oleh bapa Yanus Kuayo.

Senioritas RPM SIMAPITOWA Yulianus Kayame mengatakan menulis dapat melahirkan pikiran atau perasaan (seperti mengarang, membuat surat) dengan tulisan. Menulis berarti menuangkan isi hati  penulis ke dalam bentuk tulisan, sehingga maksud hati penulis bisa diketahui banyak orang melalui tulisan yang dituliskan. Kemampuan seseorang dalam menuangkan isi hatinya ke dalam sebuah tulisan sangatlah berbeda, dipengaruhi oleh latar belakang penulis.

Mutu atau kualitas tulisan setiap penulisan berbeda dengan satu sama lain. Namun, satu hal yang penting adalah terkait aktivitas menulis, seorang penulis harus memperhatikan kemampuan dan kebutuhan pembacanya, jelasnya.
Dirinya berharap, agar Pelajar Mahasiswa Simapitowa  tetap eksisi  dan pandai  dalam menulis.
 Menulis juga bisa membawa setiap orang kedalam dunia kerja, realitanya pada zaman sekarang  orang tidak lihat dari ijazah tetapi di lihat kalir atau kemampuan,tegasnya.

Penulis : Christian Degei - Jurnalis Warga Kota Jayapura

Related Posts:

0 Response to "Memulai Majalah Perdana RPM SIMAPITOWA Gelar Pelatihan Jurnalistik"

Post a Comment