KPA Kota Jayapura Gelar Pertemuan Koordinasi Fast Track


Kota Jayapura, suaratifapapua.com,- Senin (25/03) Komisi Penanggulangan AIDS Kota Jayapura  saat ini bekerjasama dengan LINGKAGES sebuah program global yang didanai USAID untuk memberikan dukungan kepada Pemerintah, LSM dan sektor swasta agar mampu membuat perencanaan kegiatan yang lebih baik.

Memberikan layanan yang komprehensif, memperluas upaya pencegahan dan perawatan dan dukungan untuk memutus rantai penularan HIV di antara populasi kunci dan masyarakat umum di Papua serta meningkatkan kwalitas hidup orang yang terinfeksi HIV.


Pelaksanaan program dukungan LINKAGES di Indonesia berfokus pada perencanaan berbasis data, kesesuaian dengan strategi dan rencana aksi nasional, pendekatan berbasis asitensi teknis dan partisipasi menyeluruh kepada semua stakeholder dan juga mendukung pencapaian fast-track pada level provinsi maupun Kebupaten atau Kota.

Pendekatan yang bernama fast-track ini di rancang untuk menghentikan AIDS pada 2030 termasuk mencegah 28 juta infeksi baru (termasuk pada anak) dan 21 juta angka kematian akibat AIDS. Fast-track menetapkan target baru untuk 2020 yaitu 90% dari orang dengan HIV mengetahui status mereka. 90% dari yang mengetahui status HIVnya menjalani perawatan dan pengobatan ARV dan 90% dari pasien HIV ini menjalani perawatan yang mencegahan virus berkembang secara besar-besaran sampai virusnya tertekan dan tidak terdeteksi. dan presentase ini di harapkan anak naik pada 2030.


Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Bapak Walikota Jayapura Benhur Tomi Mano dan di tutup oleh Bapak Rustan Saru selaku Wakil Walikota yang juga sebagai Ketua Pelaksana harian KPA Kota Jayapura.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang pendekatan fast track kepada seluruh stakeholder dan mitra kerja KPA Kota Jayapura, melihat dan memonitor hasil capaian dalam peanggulangan HIV-AIDS di Kota Jayapura serta mendiskusikan tantangan, solusi dan strategi dalam pelaksanaan program P2HA termasuk implementasi fast tarck.



Turut hadir dalam kegiatan ini adalah Kepala dinas Kesehatan Kota Jayapura, Puskesmas, Rumah Sakit, LSM, Tokoh Agama, dan semua mitra yang bergerak untuk Program P2HA.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan mampu meningkatkan kerja KPA Kota JAyapura serta semua elemen yang bergerak untuk isu HIV dan pelibatan semua elemen masyarakat juga sangat di perlukan agar bekerjasama dalam program P2HA.

Penulis : Hiswita Pangau - Jurnalis Warga Kota Jayapura

Related Posts:

0 Response to "KPA Kota Jayapura Gelar Pertemuan Koordinasi Fast Track "

Post a Comment