HIV TIDAK MENGHANCURKAN SEMANGAT - Amazing Women

Baby Rivona - Ketua Ikatan Perempuan Positif Indonesia (IPPI)

Wanita satu ini adalah salah satu aktivis yang sangat peduli terhadap HIV/AIDS.

Beliau adalah Baby Rivona, wanita kelahiran Medan ini telah aktif mengampanyekan anti narkoba dan HIV/AIDS melalui bidang advokasi untuk memerangi diskriminasi terhadap ODHA dan memberikan pengetahuan tentang penyakit ini sejak tahun 2005.

Hal ini beliau lakukan bukan tanpa alasan. Baby telah merasakan bagaimana hidupnya hampir hancur karena penyakit ini. Sejak tahun 2003, ia divonis mengidap HIV positif. Tetapi virus itu tidak pernah mematikan semangatnya. Justru, ia semakin semangat untuk membantu sesama penderita seperti dirinya untuk dapat survive.

Pada tahun 2005, Baby mendirikan gerakan MAP (Medan Aceh Partnership). Yang ditujukannya untuk membantu korban tsunami Aceh kala itu. Selepas mendirikan MAP di Aceh, dia kemudian dipercaya menjadi ketua dari IPPI (Ikatan Perempuan Positif Indonesia). IPPI merupakan wadah pemberdayaan bagi wanita yang mengidap HIV/AIDS di bidang kesehatan, sosial, ekonomi dan pendidikan. Dukungan diberikan agar mereka tetap berdaya dan hidup dengan produktif. Selain itu, Baby juga tergabung dalam komunitas Perempuan Medan Tegar (Permata) dan juga Indonesia AIDS Coalition (IAC).

Sepak terjangnya di dunia advokasi HIV/AIDS kemudian berlanjut di level dunia. Ia mendirikan GCWA (Global Coalition on Women and AIDS) di tahun 2012. Ia juga pernah menjadi pembicara di PBB melalui forum ini. Ia menjadi perwakilan perempuan Indonesia di UN AIDS yang bermarkas di Genewa.

Tak cukup dengan itu, dia juga menjadi pengurus di forum International Congress on AIDS in Asia and the Pacific (ICAAP). Kegiatan di beberapa forum tersebut dia lakukan untuk memperjuangkan hak-hak wanita yang positif HIV/AIDS.

Semoga kisah Baby Rivona dapat menjadi inspirasi bagi kita semua, bahwa jangan biarkan virus ini menghentikan hidupmu. Selagi masih bisa, gunakan kesempatan hidup di dunia ini untuk melakukan hal-hal berguna bagi sesama.

ODHA bukan untuk dijauhi dan dikucilkan. Mereka juga membutuhkan dukungan dari lingkungan dan orang-orang disekitarnya untuk bertahan. Mari jauhi virusnya, bukan penderitanya!!

Penulis : Gerrard
Dikutip dari : Ikatan Perempuan Positif Indonesia (IPPI)

Related Posts:

0 Response to " HIV TIDAK MENGHANCURKAN SEMANGAT - Amazing Women"

Post a Comment