Direktur Indonesia AIDS Coalition Angkat Bicara Terkait Pernyataan Ketua KPA Propinsi Papua Yang Akan Membeli Stem Cell Untuk ODHA di PAPUA



Menyikapi ide KPAP Papua untuk membeli “obat stem cell”, rasanya perlu ada yang mengajak dialog dan meluruskan hal ini.

Adapun stem cell surgery melalui transplantasi sumsum tulang belakang yang kemarin sedang marak diberitakan akhirnya berhasil membuat remisi pada 1 kasus dengan HIV, yang dikenal dengan nama London Patient dan hasilnya dipublikasikan pada CROI Conference 2019, bukan dengan menggunakan pil atau obat-obatan melainkan dengan menempuh serangkaian prosedur operasi yang sangat rumit dan juga berbahaya.

Beberapa hal yang perlu dicatat dalam stem cell treatment di london patient :

  1. Stem cell pendonor stem cell ini berasal dari donor yang memang secara genetika sistem stem cell yang dimiliki donor tersebut mengalami mutasi sehingga secara gampangnya orang tersebut bisa dibilang “kebal dari infeksi HIV.” Hal ini karena ada mutasi genetik yang dialami sangat sedikit orang yang membuat HIV tidak bisa menginfeksinya.
  2. Stem cell bukan obat. Melainkan sebuah prosedur operasi yang rumit dimana stem cell ini dicangkokkan di tubuh pasien. Jadi tidak tepat bila ada yang mengatakan “pil stem cell”
  3. Prosedur ini sangat berbahaya. Selain prosesnya rumit, ada sebuah fenomena dimana sistem kekebalan tubuh dari sel yang ditransplantasikan itu lalu “berkelahi” dengan sistem kekebalan tubuh dari pasien (graft versus host disease). Ini dibeberapa pasien bisa sampai menimbulkan kematian.
  4. Biaya melakukan stem cell transplantation ini sangat mahal.


Jadi, transplantasi stem cell ini tidak menjadi salah satu opsi yang dianjurkan untuk menyembuhkan HIV karena hal-hal diatas. Sederhananya, ini bukan pil, ini belum tentu cocok bagi semua odha, ini berbahaya dan prosedur ini sangat mahal.

Semoga ada yang bisa mendiskusikan hal ini dengan stakeholder program penanggulangan AIDS di papua.

Penulis Gerrard - Jurnalis Warga Kota Jayapura
Dikutip dari : https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10218651761829058&id=1348294925

Related Posts:

0 Response to "Direktur Indonesia AIDS Coalition Angkat Bicara Terkait Pernyataan Ketua KPA Propinsi Papua Yang Akan Membeli Stem Cell Untuk ODHA di PAPUA"

Post a Comment