Bermain Bersama Anak-anak Pengungsian Kampung Yakonde - JW TIFA PEDULI KORBAN BENCANA

Kegiatan Trauma Healing Bagi Anak-anak Korban Bencana Alam (Foto : Gerrard)


Hari Jumat (21/03), tepat di hari ke enam pasca Banjir Bandang yang menimpa Sentani, Jurnalis Warga (JW) Tifa Kota Jayapura bersama tim Relawan Posko Gereja Katolik Sang Penebus Sentani melakukan aksi peduli bencana bagi korban yang tidak hanya bagi korban bencana banjir bandang namun juga pengungsi yang berada di tepi danau yang akhirnya mengungsi akibat meluapnya air danau mengakibatkan rumah-rumah warga yang ada di tepi danau terendam air.

Jurnalis Warga Bermain bersama anak-anak Kampung Yakonde

Kampung Yakonde yang berada di distrik Waibu Kabupaten Jayapura, menjadi salah satu yang terkena dampak meluapnya air danau, sehingga semua masyarakat yang tinggal di tepi danau harus mengungsi di Balai Kampung dan Pastori Gereja Ebenheizer Yakonde.


Anak-anak Kampung Yakonde sedang mendengarkan cerita dari fasilitator

Seperti yang disampaikan oleh Mama Maria (ondo), bahwa mereka sudah mengungsi sejak berapa hari di balai kampung dan pastori gereja, ada juga yang memilih tinggal bersama keluarga di Kampung Kanda. Saat ini bersyukur sudah banyak bantuan yang datang tidak seperti sebelumnya, jadi kami bersyukur dan berterima kasih kepada semua yang datang membawa bantuan".


Anak-anak Kampung Yakonde sedang mendengarkan cerita dari fasilitator

Pada kesempatan ini tidak hanya memberikan bantuan sembako, obat-obatan, minyak telon/kayu putih dan pakaian-pakaian serta tikar tetapi, JW Tifa juga membuat kegiatan bersama anak-anak yang ada di tempat pengungsian, kurang lebih 50 orang anak yaitu bermain, bercerita dan memberikan bingkisan.


Anak-anak Korban Bencana Alam Bermain Game

Kegiatan ini rencananya akan dilakukan di beberapa tempat pengungsian berbeda, yang akan berfokus pada anak-anak namun juga dapat melibatkan semua yang ada di pengungsian. Bertujuan untuk memberikan semangat bagi anak-anak yang tekena dampak maupun bagi masyarakat.


Anggota JW TIFA Bermain Game Bersama-sama

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat memberi semangat dan mengurangi trauma yang di rasakan oleh anak-anak yang mengalami bencana serta berharap semua bantuan yang diberikan dapat bermanfaat.

Selanjutnya ucapan terima kasih disampaikan oleh Gerrard selaku Kordinator JW, kepada semua anggota JW dan semua yang telah terlibat dan yang telah memberikan bantuan untuk di salurkan, "iya kami terbatas bahkan hanya membantu mendistribusikan semua bantuan yang diberikan kepada kami, dan hari ini sudah kami distribusi untuk yang terkumpul hingga saat ini dan kami juga sangat terbantu dengan tim dari Posko gereja katolik, meski disadari bahwa bantuan ini sangat terbatas, namun kiranya dapat meringankan beban warga yang tertimpa musibah, sekali lagi terima kasih".

Penulis : Hiswita Pangau - Jurnalis Warga Kota Jayapura

Related Posts:

0 Response to "Bermain Bersama Anak-anak Pengungsian Kampung Yakonde - JW TIFA PEDULI KORBAN BENCANA"

Post a Comment