Kelompok Dukungan Sebaya (KDS +) Kewom Winggir - Kabupaten KEEROM


KEEROM,- Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Keerom melaksanakan Pertemuan Rutin Kelompok Dukungan Sebaya (KDS+), bertempat di Rumah Singgah Arso Kota 15/2 lalu, .

Pada 2018 telah dilakukan pembentukan KDS kemudian diberi nama Kewom Winggir yang berarti Matahari Bersinar, dan Mama Victoria sebagai Ketua KDS.
KDS (+) merupakan satu wadah yang di bentuk sebagai tempat berbagi sesama ODHA. 


Sehingga setiap peserta diberikan kesempatan untuk berbagi cerita, baik tantangan maupun keberhasilan dalam mengkonsumsi ARV. Namun tidak menutup kemungkinan untuk bercerita tentang persoalan lainnya, yang ingin diceritakan dengan membangun komitmen Kerahasiaan sesama ODHA.

Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) memang membutuhkan tempat untuk berbagi, dan atau hanya sekedar mendengarkan cerita pengalaman dari peserta lainnya, sebagai motivasi.

 
Pertemuan ini pun diharapkan mampu meningkatkan kepercayaan diri untuk menerima status dan mampu membuka diri.
Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Kesehatan Keerom, KPA Kabupaten Keerom, Petugas Kesehatan perwakilan dari beberapa Layanan kesehatan dan ODHA.
Meski tidak semua ODHA terlibat namun proses demi proses berjalan dengan baik.
Seperti yang disampaikan oleh Yusnita selaku staf KPA Kabupaten Keerom bahwa, ini merupakan pertemuan kedua setelah tahun lalu dilakukan pembentukan. Ini merupakan satu program yang penting, karena melalui kegiatan ini diharapkan setiap ODHA mampu berdaya dan berkarya. Meski awalnya tidak pecaya jika akan terbentuk, namun ternyata sudah berjalan dan hari ini merupakan pertemuan kedua.
Pada kegiatan ini juga, petugas kesehatan memberikan masukan dan dukungan kepada peserta, agar terus minum obat dan berfikir positif.
Dan melalui kegiatan ini, diharapkan tidak ada lagi stigma dan diskriminasi terhadap ODHA.
Karena ODHA butuh dukungan untuk tetap bertahan hidup, tidak cukup dengan pengobatan namun pendampingan serta dukungan dari keluarga dan kerabat serta masyarakat menjadi sangat penting. 

Penulis : Hiswita Pangau - Jurnalis Warga Kota Jayapura

Related Posts:

0 Response to "Kelompok Dukungan Sebaya (KDS +) Kewom Winggir - Kabupaten KEEROM"

Post a Comment