Anak Aibon Entrop - Meminta-minta Untuk Ngelem


Jayapura, suaratifapapua.com,- Pengguna Lem Aibon atau yang biasa di sebut "Ngelem/Anak-anak Aibon" di kalangan anak-anak hingga dewasa, memang harus mendapat perhatian khusus dari semua kalangan, baik pemerintah, masyarkat maupun orang tua.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah, baik penertiban, maupun kegiatan - kegiatan untuk pemberdayaan, namun tidak cukup.


Situasi ini terlihat begitu nampak kala itu di terminal lama Entrop, meski demikian, mereka bukan tidak memiliki rumah atau keluarga ada yang hanya sekedar datang dan pergi, meski bagi beberapa orang mungkin iya, yang akhirnya tidur beralaskan koran, atau mencari emperan toko untuk tidur, sedangkan siang keluyuran untuk makan, sampai keluar masuk warung makan, namun beberapa di antaranya hanya untuk ngelem bersama teman-teman bukan tempat tinggal.

Tidak jarang, ada yang meminta-minta, atau bahkan membantu para pedagang kaki lima di malam hari, untuk sekedar mendapatkan imbalan 5000/1000 untuk kemudian di gunakan membeli lem aibon.


Salah satu diantarnya yang berbagi cerita yaitu AG, seorang gadis remaja (14thn), setiap hari bisa menghabiskan beberapa kaleng kecil lem aibon dalam sehari, sehingga jika tidak meminta-minta, kadang harus membantu warung makan di sekitar.

Di himpun dari salah laman yaitu , Efek yang ditimbulkan dari menghirup uap lem tersebut hampir sama dengan jenis narkoba lain, yaitu menyebabkan halusinasi, sensasi melayang-layang, dan rasa tenang sesaat meski terkadang efeknya hanya bisa bertahan hingga 5 jam saja. Selain itu, mereka yang “ngelem” juga tidak merasakan lapar karena ada penekanan sensor lapar di susunan saraf otak. Inhalen atau biasa yang disebut ngelem oleh anak-anak jalanan merupakan senyawa organik berupa gas dan pelarut yang mudah menguap. Inhalen mengandung bahan-bahan kimia yang bertindak sebagai depresan. Depresan memperlambat sistem saraf pusat, mempengaruhi koordinasi gerakan anggota tubuh, dan konsentrasi pikiran. Selain itu, inhalen juga bisa mengakibatkan kerusakan fisik dan mental yang tidak bisa disembuhkan.


http://fatimahdesta.blogspot.com/2015/08/bahaya-menghirup-lem-aibon.html?m=1

Pentingnya, informasi untuk perubahan perilaku bagi para pecandu aibon di jaman ini merupakan aksi penting, agar tidak ada lagi anak-anak dan remaja yang terjerumus kedalam situasi ini.

Penyadaran bagi para pecandu aibon, harus menjadi prioritas, agar mencegah terjadinya dampak-dampak buruk bagi anak dan remaja.

Related Posts:

0 Response to "Anak Aibon Entrop - Meminta-minta Untuk Ngelem"

Post a Comment