Pemkot Jayapura Siap Membayar Kompensasi Masalah Hak Ulayat Dengan Masyarakat



Jayapura--Sebenarnya kesepakatan dengan nilai pembayaran kepada masyarakat pemilik tanah pemasangan setiap menara yang akan diposisikan disekitar jalan Hamadi Holtekam di Youtefa  maka pada akhkrnya pemerintah kota Jayapura secara langsung berhasil melakukan musyawara mufakat dengan masyarakat pemilik tanah  terkait jembatan Youtefa menjadi jalur terdekat.

Hal itu disampaikan wakil wali kota Jayapura Haji Rustam Saru kepada wartawan seusai mufakat dengan masyarakat di Jayapura kemaring.

"Oleh karena itu, diharapkan kepada pemerintah kota Jayapura selaku barometer untuk pertemuan dengan seluruh element masyarakat  pemilik ulayat  dan kami berharap hari ini sepakat nilai rupiah dengan pemerintah atas tanah adat atau hak ulayat  tersebut dengan pihak PLN,"katanya.


Harapan kita ketika dapat memasuki tahap pembayaran sampai bulan Desember kelak hendaknya sudah selesai maka dalam kesempatan ini dapat hadir Kejaksaan Tinggi, Kepolisian  sebagai saksi dan juga memantau untuk perkembangannya,  karena kemungkinan dikemudian hari kelak bakal terjadi permasalah karena  kota Jayapura atau Papua ini sering terjadi permasalahan tanah.

"Untuk menghindari pelbagai persoalan terkait masalah tanah ini kami libatkan Kejaksaan dan pihak kepolisoan karena, biasa pembayaran sudah dilakukan namun keterlibatan pihak ketiga atau orang ketiga mengakuh tanah tersebut sebagai pemiliknya sehingga untuk mengatasi hal itu, lantas melibatkan pihak keamanan,"tuturnya.

Terkait hal ini, ketika ditanya Rosina warga Youtefa atau pemilik tanah adat tersebut, dirinya mengatakan melalui kesepakat bersama para mepala suku dan semua pemilik tanah Youtefa dan sekitarnya bakal terima atas pembayaran yang akan diberikan pemerintah kepada masyarakat adat.

"Selama sebelumnya kami sedikit mengeluh karena permintaan kami dengan penawaran pemerintah atas nilai rupiah tidak sesuai kesepakatan sehingga rasanya tidak memuaskan namun sekarang kami sudah melakukan kesepakatan jadi akan terima jumlah uang yang diberikan dan sepakat dengan pemerintah kota Jayapura atas penawarannya,"tegasnya.

Penulis : Christian Degei - Jurnalis Warga Kota Jayapura

Related Posts:

0 Response to "Pemkot Jayapura Siap Membayar Kompensasi Masalah Hak Ulayat Dengan Masyarakat"

Post a Comment