Solidaritas Mahasiswa Papua, Meminta Gratiskan Pendidikan Di Papua


Jayapura, Aksi demo yang dilakukan oleh komite pimpinan pusat forum Idependen Mahasiswa West Papua (FIM-WP ) pada, (10/10/2018) pukul 08: 00 wit.  Aksi demo tersebut dipimpin oleh kordinator lapangan Meky Asso mahasiswa Universitas Cenderawasih (UNCEN)  Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Massa aksi gabungan dari Gapura uncen Perumnas III Waena, Sentani, depan kampus USTJ, Gapura uncen bawah, lingkaran Abe, Depan Kampus Umel mandiri. Seluruh solidaritas mahasiswa papua meminta “gratiskan pendidikan di papua”  dalam aksi mahasiswa uncen menyinggung terkait dengan kenaikan  sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) diuncen.
Menurut korlap, Meky Asso menyatakan saya sayangkan kepada adik-adik yang baru masuk angkatan 2018, karena SPP tahun ini dibadingkan dengan tahun sebelumnya sangat jauh dari satu jutah melonjat dua jutah menjadi 3 jutah lebih, kemudian di fakuktas kedokteran per-semester 5 jutah.
Dilakukan oleh pihak lembaga uncen ini, mempersulit mahasiswa yang kurang mampu membiayai pendidikan, bagi yang orang tuanya ekonomi lemah banyak yang kewalahan, keberatan biaya kuliah, hal yang dilakukan seperti ini benar-benar secara tidak langsung membunuh karakter mahasiwa, SPP mahal-mahal tetapi kami sebagai mahasiswa uncen merasa kekurangan dengan sarana dan prasarana di kampus uncen, baik itu ruangan-rungan peraktek, kekurangan gedung-gedung bahkan kursi-kursi tidak difungsikan akibat kerusakan karena lama. Semua realita yang ada ini dari pada membodohi lebih baik kami meminta gratiskan pendidikan di papua. lanjutnya.
Menurut presiden Mahasiswa (PRESMA) uncen Fery Kombo, dirinya mengaku bahwa aspirasi yang di sampaikan oleh seluruh mahasiwa uncen ini, kami pengurus presma perjuangkan jauh hari dengan pihak lembaga uncen, terkait dengan kenaikan SPP pada tahun ini, namun sampai saat ini belum ada reaksi karena pihak lembaga uncen mengatakan bawah kami tidak di perhatikan dari pemerintah provinsi papua sehingga mau dan tidak SPP harus naik, ujarnya.
Dalam aksi ini kami pimpinan mahasiwa universitas cenderawasih juga mendukung dengan aspirasi yang di sampaikan oleh komite pimpinan pusat forum idependen West papua karena hal itu, kami pernah bicara namun belum ada reaksi sama sekali dari pimpinan lembaga uncen, sehingga pada kesempatan ini kami pimpinan mahasiswa memastikan di kantor DPRP bahwa apa benar pemerinta provinsi papua tidak ada perhatiakan uncen sehingga SPPnya naik, lanjutnya.
Disela-sela itu, pembantu rector (PER-III ) Dr. Jonathan worami,M,Si meminta tidak boleh memalang kampus karena rector saat keluar daerah sehingga lector ditempat dulu lalu kita akan sepakat sama-sama mengenai anak-anak menyampaiakan aspirasi ini. Sekarang palang di buka, untuk transport dari waena ke kantor DPRP  bapa bantuk untuk anak-anak sehingga anak-anak hari senin kita kembali pertemuan mengenai kenaikan SPP.

Penulis : Epen Minai-Jurnalis Warga Kota Jayapura

Related Posts:

0 Response to "Solidaritas Mahasiswa Papua, Meminta Gratiskan Pendidikan Di Papua"

Post a Comment