Permainan Tradisional Lompat Karet


Kabupaten Jayapura, -Permainan Lompat karet merupakan salah satu permainan tradisional yang sejak dulu menjadi salah satu aktifitas anak-anak.

Namun saat ini, permainan ini berangsur hilang dengan berjalannya waktu, tidak hanya lompat karet, ada berbagai jenis permainan tradisional yang tidak lagi akrab di kehidupan sehari-hari anak-anak.

Situasi ini, salah satunya karena anak-anak saat ini lebih akrab dengan gadget.
Kecanggihan teknologi saat ini, membawa anak-anak pada permainan yang digital, sehingga menjadi sulit untuk berbaur dengan sesamanya, dan lebih banyak menghabiskan waktu dengan telpon pintar yang menggunakan aplikasi-aplikasi games yang menarik.


Namun pemandangan menarik terlihat pada anak-anak yang ada di kampung Yakonde, ketika anak-anak berkumpul dan bermain Lompat Karet Bersama.

Saat ini mungkin permainan tradisional lebih akrab dengan anak-anak yang tinggal di kampung, karena kebanyakan anak-anak di daerah Kota lebih akrab dengan gadget.

Gadget tidak salah, anak-anak menggunakan gadget pun tidak salah, namun bukankah anak-anak kita perlu mengenal dan bersosialisasi dengan teman sebayanya..?!
Jadi mungkin akan lebih menarik jika gadget dan permainan tradisional seimbang bagi kehidupan anak-anak masa kini.

Pentingnya peran orang tua untuk memperkenalkan permainan-permainan tradisional kepada anak, agar anak-anak lebih saling berbagi dan berbaur dengan sesamanya. Sehingga anak-anak tidak hanya mengenal kehidupannya sendiri.

Biarkan anak-anak kita tumbuh, ceria dan akrab dengan sesama di lingkungannya.
  


Penulis : Hiswita Pangau - Jurnalis Warga Kota Jayapura

Related Posts:

0 Response to "Permainan Tradisional Lompat Karet "

Post a Comment